PILWAKO BATAM

Sudah 135 Orang Daftar Panwascam Untuk Pilkada Batam 2020

Sebanyak 135 warga Batam ikut mendaftar jadi calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) pada pemilihan kepala daerah mendatang.

Sudah 135 Orang Daftar Panwascam Untuk Pilkada Batam 2020
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA/FREEPIK.COM
Ilustrasi Panwascam 

Sudah 135 Orang Daftar Panwascam Untuk Pilkada Batam 2020

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebanyak 135 warga Batam ikut mendaftar jadi calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwascam) pada pemilihan kepala daerah mendatang.

Hal itu dikatakan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Bosar, Selasa (10/12/2019).

Dia mengatakan, 135 berkas pendaftar telah diverifikasi oleh pihak Bawaslu Batam.

"Pendaftar sudah menyerahkan berkas, sekarang berkas itu lagi dalam pemeriksaan atau verifikasi oleh panitia rekrutmen," ujarnya saat dihubungi TRIBUNBATAM.id, Selasa (10/12/2019).

Adapun rincian jumlah yang mendaftar per kecamatan antara lain,  Belakang Padang sebanyak 6 orang, Sagulung sebanyak 21 orang, Batam Kota sebanyak 21 orang, Bengkong sebanyak 14 orang, Galang sebanyak 6 orang, Sei Beduk sebanyak 9 orang, Lubuk Baja sebanyak 10 orang, Bulang sebanyak 8 orang, Nongsa sebanyak 6 orang, Sekupang sebanyak 11 orang, Batu Ampar sebanyak 9 orang, Batu Aji sebanyak 14 orang.

"Jadi masing-masing kecamatan yang dibutuhkan 3 orang panitia sehingga berjumlah 36 orang," ujarnya.

NGAKU Datang Untuk Silaturahmi, Mantan Siswa SMKN 8 Batam Ngamuk Usai Diteriaki saat Nyanyi

Selain itu, pihaknya juga akan menyeleksi 3 orang PAW-nya sehingga total berkas administrasi yang akan diumumkan lulus berjumlah 72 orang yang dibutuhkan.

"Meskipun yang daftar 135 orang tapi yang dibutuhkan hanya 36 orang. Pastinya verifikasi dan lainnya akan dilakukan sangat ketat," sambungnya.

Sore ini, pihaknya akan mengumumkan hasil verifikasi administrasi Panwascam.

Lalu di waktu itu juga Bawaslu Batam memberikan masyarakat kesempatan untuk menyampaikan tanggapan dan masukan terhadap pendaftar yang lulus verifikasi.

"Masyarakat juga berhak menyuarakan pendapatnya. Laporkan ke kami jika ada calon panwascam yang bemasalah. Baik masih aktif di parpol, pernah berkasus hukum dan lainnya," katanya.

"Jadi yang mengawasi jalannya pilkada tahun depan tidak hanya bawaslu dan panwascam saja. Tapi masyarakat juga ikut andil sehingga pesta demokrasi akan berjalan sesuai yang kita inginkan bersama," katanya. (Tribunbatam.id/bereslumbantobing)

Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved