ANAMBAS TERKINI

Punya Potensi, Wamandes Berharap Anambas Miliki Desa Wisata dan Desa Perikanan

Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi mengatakan, jika melihat potensi Anambas, kabupeten ini bisa memiliki desa wisata dan desa perikanan

Punya Potensi, Wamandes Berharap Anambas Miliki Desa Wisata dan Desa Perikanan
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi beserta rombongan berfoto bersama saat menggelar kunjungan kerja ke Anambas, Sabtu (14/12/2019). 

Punya Potensi, Wamandes Berharap Anambas Miliki Desa Wisata dan Desa Perikanan

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kepala Desa dan pendamping desa menyambut kedatangan  Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi beserta rombongan dengan hangat ketika tiba di Aula Lantai III Kantor Bupati, Pasir Peti, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (14/12/2019).

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris terlihat dengan kedatangan Wamendes ke Kepulauan Anambas, terpancar jelas dari penyampaiannya kepada tamu undangan yang hadir.

"Terimakasih yang sebesar-besar sudah bersedia berkunjung ke Anambas, dan kami sangat bahagia sekali," kata Haris.

Dalam penyampaiannya Haris menyebutkan untuk di Kepulauan Anambas sendiri sudah ada sebanyak 15 desa sejak tahun 2015 sudah menerima bantuan dana desa sekitar 15 milliar.

Pada tahun 2016 dana desa sebesar 34 milliar, pada tahun 2017 sebesar 43 milliar, pada tahun 2019 sebesar 51 milliar. 

"Berkisar 5 tahun ini anggaran desa yang sudah tersalurkan totalnya 187 milliar," jelas Haris.

HARI Ini, Sabtu (14/12) Wakil Menteri Desa Kunjungi Kabupaten Kepulauan Anambas

Diketahui bahwa di Anambas terdapat 4 Desa yang sudah maju. Namun untuk Desa mandiri sayangnya di Anambas belum ada. Saat ini itulah yang sedang ditingkatkan oleh Pemerintah Daerah agar Desa mandiri segera terwujud.

Disamping itu Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi memaparkan tentang visi misi Presiden Joko Widodo pada lima tahun kinerjanya.

"Visi misi indonesia maju adalah visinya pak Jokowi 5 tahun ke depan. Karena itu pembangunan desa merupakan pembangunan strategis, terutama untuk daerah terluar. Karena itu sesuai dengan visi misi pak Jokowi, kita harus bangun pembangunan dari pinggiran dahulu agar indonesia menjadi negara maju," ujar Budi.

Selain membahas mengenai pembangunan desa, Budi bercerita tentang potensi pariwisata di Kepulauan Anambas yang bisa digarap oleh Kepala Desa, seperti perikanan misalnya.

"Saya semalam melihat di Anambas masih banyak yang perlu dikembangkan dan digali lagi, satu yang tidak dipunya daerah lain kalau kita melihat di Anambas, yaitu pariwisata dan perikanan. Saya berharap nanti akan ada desa pariwisata dan desa perikanan," harapnya.

Budi menjelaskan bahwa tugas dari Kementerian Desa bukan melakukan tindakan yang berurusan dengan hukum, namun tugas Kementerian Desa hanya melihat dana desa itu bisa digunakan sebaik-baiknya dan tersalurkan sampai ke Desa tersebut. (tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved