10 Komitmen Lukita DinarSyah Tuwo untuk Perempuan Batam

Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan 10 (sepuluh) komitmennya bagi perempuan di Kota Batam apabila terpilih menjadi Wali Kota Batam tahun 2020-2024.

10 Komitmen Lukita DinarSyah Tuwo untuk Perempuan Batam
TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Bakal Calon Wali Kota Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo saat menghadiri acara, Woman to infinity, pada Minggu, (14/12) di Atrium Grand Batam Mall. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Lukita Dinarsyah Tuwo menyampaikan 10 (sepuluh) komitmennya bagi perempuan di Kota Batam apabila terpilih menjadi Wali Kota Batam tahun 2020-2024.

Hal ini Ia sampaikan dalam acara, Women to Infinity: Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya yang bertajuk, 'Menuju Batam 1: Padamu Perempuan, Kami Berjanji',di Atrium Grand Batam Mall, Sabtu (14/12).

Dihadapan ratusan perempuan yang hadir dalam acara talk show tersebut, Lukita menyampaikan bahwa komitmennya terhadap pemberdayaan perempuan sangat tinggi.

Kepri Dilintasi Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019, Kapolda : Jangan Lihat Dengan Mata Terbuka

Bawaslu Kota Batam Launching Pengawasan Pilkada 2020, Berharap Lancar Sampai Selesai Kegiatan

Dinsos P3APMD Anambas Membangun Desa Lidi Lewat Gebrakan Kepala Desa

"Saya menganggap pembangunan infastruktur penting, tapi pembangunan manusia lebih penting lagi. Dan disinilah peranan wanita sangat penting," ujarnya, Sabtu (14/12).

Lukita menjelaskan bahwa wanita sangat berperan penting dalam siklus kehidupan manusia dimulai dari proses mengandung, melahirkan, hingga merawat anak dari usia balita sampai dewasa.

Terdapat 10 (sepuluh) Komitmen Lukita dalam memuliakan perempuan dan menumbuhkembangkan anak-anak di Kota Batam.



Sepuluh komitmen tersebut, yakni:

1. Pemenuhan kesehatan perempuan dan anak batam,
2. Pemenuhan hak pendidikan,
3. Perhentian segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak,
4. Pemenuhan hak reproduksi,
5. Pemenuhan hak ekonomi perempuan,
6. Perlindungan perempuan pekerja, perumahan dan sektor informal,
7. Pemenuhan bahan pokok yang memadai dan harga terjangkau.
8. Penurunan tingkat perceraian,
9. Pengembangan anggaran berbasis gender
10. Pemenuhan hak politik perempuan.

Dari sepuluh komitmen di atas, terdapat beberapa poin penting yang menjadi komitmen pokok Lukita, yaitu dalam hal pengendalian harga dan pengembangan anggaran berbasis gender.

"Saya komitmen untuk menaikkan anggaran berbasis gender minimal 5x secara bertahap di dalam masa pemerintahan kalau terpilih menjadi Wali Kota Batam Tahun 2020-2014," tegasnya.

Begitupun mengenai peran wanita dalam politik. Lukita menyampaikan bahwa seluruh wanita harus berada dalam posisi yang baik sebagai pengambil keputusan. Bukan hanya di parlemen, tetapi juga partisipasi dalam pengambilan keputusan ditingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Kota.

"Inilah komitmen saya apabila saya terpilih. Oleh karena itu, pilihlah saya jika ingin komitmen itu tercapai," tutupnya. (*)

 
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved