BATAM TERKINI

Lampu Runway Bandara Hang Nadim Batam Mati, Ini Penjelasan Direktur BUBU Hang Nadim

Direktur BUBU Hang Nadim Suwarso menjelaskan, hal itu terjadi karena adanya konsleting di lampu runway. Saat ini tim teknis masih berupaya memperbaiki

Lampu Runway Bandara Hang Nadim Batam Mati, Ini Penjelasan Direktur BUBU Hang Nadim
TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN
Direktur BUBU Hang Nadim Suwarso saat memberikan penjelasan terkait matinya lampu runway Bandara Hang Nadim Batam, pada Kamis (2/1/2019) di ruang kerjanya. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Matinya lampu runway Bandara Hang Nadim Batam pada Selasa (31/12/2019)  lalu, mengakibatkan beberapa penerbangan datang dan keluar  Batam terganggu.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Suwarso menjelaskan, hal itu terjadi karena adanya konsleting di lampu runway. Sehingga menyebabkan penerbangan malam terganggu.

Konsleting lampu runway ini diketahui saat ada pesawat yang hendak mendarat.






"Dan saat mau dihidupkan oleh tower ternyata tidak hidup. Setelah diperiksa oleh tim teknis ternyata alat di Constant Current Regulator (CCR)  mengeluarkan asap," ujar Suwarso pada Kamis (2/1/2020) kepada Tribunbatam.id.

Tim teknis yang tahu ada konsleting, segera menghubungi tim yang berada di tower Bandara Udara Hang Nadim sekitar pukul 14:00 WIB.

"Dari kejadian itu teman-teman teknisi melaporkan kejadian itu ke tower bahwa lampu runway rusak. Itu terjadi sekitar pukul 14:00 tanggal 31 Desember 2019 dan karena siang, tidak terlalu jadi masalah," ujarnya.

Kantor Perwakilan BI Kepri Akui PMDN Kepri Meningkat Pada 2019

KEBAKARAN DI BATAM - Baru Akan Launching, Restoran Bandar Jaya Oriental Seafood Batam Habis Terbakar


Kemudian tim teknis melakukan perbaikan hingga pukul 17:00 WIB, tetapi tidak bisa beroperasi juga. Kendala yang dihadapi karena sistem pada lampu runway tersebut terkoneksi, sehingga apabila terjadi kerusakan pada satu lampu maka otomatis lampu yang lain tidak bisa digunakan juga.

Ia melanjutkan, hingga Kamis (2/1/2020) ini pihaknya masih melakukan perbaikan dan sempat meminta bantuan dari tim teknis PLN untuk bersama-sama melakukan perbaikan.

"Hingga hari ini perbaikan belum selesai. Tadi malam kita juga sudah minta bantuan dari PLN dimana kita melakukan pengecekan satu persatu dengan melihat kabel tersebut satu persatu," kata Suwarso.

Dikonfirmasi soal kerusakan Air Traffic Control (ATC) atau yang menyangkut navigasi penerbangan lainnya, Suwarso membantah hal itu.

"Yang rusak cuma lampu runway-nya saja, selain itu yang lain normal. Sehingga penerbangan malam hari tidak bisa dilakukan," ujar Suwarso.  kerjanya.

Halaman
123
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved