Sektor Ekonomi Baru & Peningkatan Kualitas Masyarakat Harus Jadi Program Utama Calon Wali Kota Batam

Rahmayandi menilai balon Wali Kota Batam mendatang harus mampu menunjukkan program yang menunjang perkembangan industri dan memunculkan sektor baru

Sektor Ekonomi Baru & Peningkatan Kualitas Masyarakat Harus Jadi Program Utama Calon Wali Kota Batam
Tribun Batam/Argianto
foto ilustrasi. Tampilan Welcome To Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pengamat politik Rahmayandi Mulya menilai bakal calon Wali Kota Batam 2020 harus mampu menunjukkan program yang menunjang perkembangan industri dan memunculkan sektor baru untuk menunjang pendapatan dan kualitas hidup di Batam.

"Calon-calon yang bermunculan ini harus jeli membuat program yang mengandalkan sektor-sektor potensial Batam. Selain terus mendorong sektor industri yang sempat menurun beberapa tahun belakangan," kata Rahmayandi, yang juga Dekan Fakuktas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau Kepulauan (Unrika) kepada wartawan, Kamis (2/1/2020).

Program di sektor potensial ini bisa muncul dari berbagai bidang dalam masyarakat.

Salah satunya sektor pariwisata untuk alternatif pengembangan ekonomi Batam, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Batam secara merata.

Soal sektor pariwisata, Rahmayandi menilai perlu ada perumusan secara mendalam mengenai potensi dan target wisatawan untuk Kota Batam.

"Harus dielaborasi lebih mendalam oleh si calon dan timnya. Apakah yang bisa menjual di Batam ini, wisata bahari, wisata kuliner, atau wisata belanja mungkin," ujarnya.

Rahmayandi juga melihat bakal calon Wali Kota Batam juga harusnya memiliki visi yang jelas untuk memastikan kemudahan berinvestasi di kota yang memang terkenal sebagai kota industri ini.

Perizinan investasi yang rumit dan berbelit-belit, serta proses birokrasi yang panjang perlu dipangkas dan dipermudah.

Ia juga melihat bahwa peningkatan kualitas hidup masyarakat Batam perlu diberi perhatian lebih.

"Sektor ekonomi bisa ditunjang juga dengan kualitas hidup sumber daya manusianya. Kalau masyarakatnya sehat, pendidikannya terjangkau, dan fasilitas dasarnya terpenuhi, produktifitasnya untuk sektor ekonomi juga akan meningkat," kata Rahmayandi.

Saat ini, bursa bakal calon Wali Kota Batam sudah diisi oleh berbagai nama dari berbagai kalangan.

Halaman
12
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved