HARI LINGKUNGAN HIDUP NASIONAL 2020

Wapres Ma'ruf Amin Minta Pengusaha Tak Rusak Lingkungan Saat Berbisnis

Penggunaan kertas dalam kegiatan sehari-hari berkaitan erat dengan kepedulian lingkungan terutama hutan. Yuk mari sama-sama kurangi penggunaan kertas.

Wapres Ma'ruf Amin Minta Pengusaha Tak Rusak Lingkungan Saat Berbisnis
Pool/Isra Triansyah
Wakil Presiden Maruf Amin 

TRIBUNBATAM.id Tahukah kamu, sebentar lagi Hari Lingkungan Hidup Nasional akan diperingati.

Nah, masih kaitannya dengan lingkungan, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengingatkan para pengusaha pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Kendati berbisnis, lingkungan tetap mesti dijaga.



Ma'ruf Amin meminta para pengusaha memperhatikan seluruh regulasi terkait kelestarian lingkungan. Menurut Ma'ruf, pengusaha dituntut untuk menjaga lingkungan saat menjalankan bisnisnya. 

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat memberikan penghargaan Proper terkait kepatuhan perusahaan dalam mematuhi aturan terkait kelestarian lingkungan di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

UPDATE CPNS 2019 - Ini Lokasi Tes CPNS di Kepri

Peduli Terhadap Lingkungan Hidup, Hamish Daud Bangun Yayasan Indonesian Ocean Pride



"Hendaknya momen ini dijadikan refleksi diri, dijadikan penerapan standar yang tinggi bagi lingkungan hidup, sebagai falsafah korporasi Anda. Ini akan jadi sumbangan terbesar Anda bagi masyarakat dimana anda beroperasi, juga kepada lingkungan bangsa dan negara," ujar Ma'ruf.

Ia menambahkan saat ini masih banyak perusahaan yang tak mematuhi aturan pengelolaan limbah dan lain sebagainya. Akibatnya limbah yang mereka buang merusak lingkungan dan merugikan masyarakat setempat.

Sukses Jaga Lingkungan, SMAN 1 Toapaya Bintan Raih Adiwiyata Mandiri

Padahal, menurut Ma'ruf, perusahaan besar dengan manajemen yang apik semestinya juga memiliki pengaturan pengolahan limbah yang ramah lingkungan.

Ma'ruf menambahkan dewasa ini citra perusahaan juga dilihat dari keseriusan dan kepedulian mereka terhadap isu lingkungan. Dengan demikian, produk dari perusahaan yang memiliki sistem pengolahan limbah yang bagus dan tak melanggar aturan kelestarian lingkungan dalam menjalankan usahanya akan semakin disukai masyarakat.

Sehingga, kata Wapres, kepedulian perusahaan terhadap lingkungan baik untuk kesinambungan alam dan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang.

"Di era yang semakin terbuka ini, performa kepatuhan lingkungan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kesuksesan sebuah korporasi," ujar Wapres.

"Sebuah korporasi dinilai baik bila ia bisa mendemonstrasikan standar yang tinggi untuk lingkungan hidup, patuh pada aturan perundangan yang berlaku, yang pada akhirnya akan berimplikasi pada penurunan biaya dan perbaikan efisiensi perusahaan," lanjut mantan Rais Aam PBNU itu. (Penulis : Rakhmat Nur Hakim)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Minta Pengusaha Tak Rusak Lingkungan", https://nasional.kompas.com/read/2020/01/08/15085091/wapres-minta-pengusaha-tak-rusak-lingkungan.

Editor: Dewi Haryati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved