ANAMBAS TERKINI

Terkendala Cuaca, Stok Cabai Merah di Pasar Inpres Anambas Kosong, Pembeli Beralih ke Cabai Kering

Kapal ferry yang biasanya digunakan pedagang untuk membawa kebutuhan sayuran terkendala cuaca sehingga tidak beroperasi secara normal.

Terkendala Cuaca, Stok Cabai Merah di Pasar Inpres Anambas Kosong, Pembeli Beralih ke Cabai Kering
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Suasana Pasar Inpres, Kamis (9/1/2019) di jalan Hang Tuah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Masyarakat Kecamatan Siantan, Anambas kesulitan mendapatkan cabai beberapa hari belakangan ini.

Memasuki musim utara, kapal ferry yang biasanya digunakan pedagang untuk membawa kebutuhan sayuran terkendala cuaca sehingga tidak beroperasi secara normal.

Hal ini berimbas pada ketersediaan cabai di pasaran.




Ina, pedagang kebutuhan dapur di Pasar Inpres, jalan Hang Tuah, Kelurahan Tarempa, mengaku sudah hampir tiga hari ini kesulitan mendapatkan cabai.

"Kemarin ada yang jual 1 kilo cabai merah itu Rp 100 ribu, mau nggak mau saya ambil karena pelanggan juga nanyain. Kalau 1 ons saya jual Rp 12 ribu," kata Ina kepada tribunbatam.id, pada Kamis (9/1/2020).

Tak hanya cabai merah saja yang kosong. Cabai rawit panjangpun juga kosong. Sementara itu cabai rawit masih bisa ditemui di Pasar Inpres karena dibeli langsung dari petani cabai yang ada di Kecamatan Siantan.

Niat Belanja Cabai di London, Nagita Slavina Dipelototin dan Dapat Perlakuan Ini dari 2 Pria

Awal Tahun 2020, Harga Cabai di Karimun Naik Dua Kali Lipat

"Kalau cabai rawit kita ambil dari yang tanam di sini. Sekilo Rp 130 ribu, kalau orang beli per ons Rp 15 ribu saya jual," jelasnya.

Beberapa pembeli yang datang ke warung Ina kebanyakan menanyakan cabai merah. Alhasil karena tidak ada cabai merah mereka beralih ke cabai kering.

"Dari kemarin saya nyari cabai merah nggak dapat-dapat. Kalaupun ada sudah habis duluan diserbu yang lain. Terpaksalah pakai cabai kering dulu," ucap Leni, seorang pembeli.

Cabai kering sendiri di Pasar Inpres dijual dengan harga Rp 6 ribu per ons-nya.

Ina mengatakan, stok cabai merah akan ada pada Senin atau Selasa, tergantung dari kapal ferry atau KM. Bukit Raya yang datang.

Diketahui, selain cabai stok sayur kol juga kosong di Pasar Inpres.

(tribunbtam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved