Isu Perbatasan Jadi Hal yang Dibahas dalam Seminar Bersama Alumni Lemhanas di Anambas

Isu perbatasan menjadi hal yang dibahas dalam seminar penguatan peran daerah perbatasan dalam melaksanakan RPJMN bersama alumni Lemhamanas di Anambas.

Isu Perbatasan Jadi Hal yang Dibahas dalam Seminar Bersama Alumni Lemhanas di Anambas
tribunbatam.id/rahmatika
Bupati Anambas Abdul Haris memberi sambutan dalam seminar penguatan peran daerah perbatasan dalam melaksanakan RPJMN di aula kantor Bupati, Jumat (10/1/2020). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Isu perbatasan menjadi hal yang dibahas dalam seminar penguatan peran daerah perbatasan dalam melaksanakan RPJMN 2020-2024.

Dalam seminar yang digelar di aula lantai III, Kantor Bupati, Pasir Peti, Kecamatan Siantan, Jumat (10/1/2020), Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris menjelaskan peran pemerintah daerah khususnya daerah perbatasan.

Diketahui, Kepulauan Anambas terletak antara 2 derajat 10,0- 3 derajat 40,6 lintang utara, kemudian 105 derajat 15,0 - 106 derajat 40,5 bujur timur.

Haris menyinggung hari ini wilayah tetangga Anambas, sedang menjadi incaran negara tetangga.

"Anambas dan wilayah perairan sekitarnya penuh dengan kekayaan alam yang sangat luar biasa. Sadar atau tidak sadar, waspada atau tidak waspada ini merupakan tanggung jawab kita bersama, 10 maupun 50 tahun kedepan kita harus menjaga NKRI ini," tegas Haris.

Indonesia Berpenghasilan Menengah Tinggi yang Sejahtera Adil dan Berkesinambungan menjadi tema yang diangkat dalam seminar yang diikuti Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL), 

Pembangunan RPJMN tahun 2020 yang pertama adalah memperkuat pertahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas. Kedua, mengembangkan wilayah dan mengurangi kesenjangan.

Ketiga, meningkatkan sumber daya manusia yang  berkualitas dan berdaya saing, membangun kebudayaan karakter bangsa, memperkuat infrastruktur mendukung perkembangan ekonomi dan pelayanan dasar, membangun lingkungan hidup meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim, memperkuat sistem polhukam dan transformasi pelayanan publik.

"Pemerintah daerah mempunyai peran strategis dalam konteks pencapaian cita-cita dalam RPJMN, seperti peningkatan hubungan relasi antara kabupaten, provinsi dan pusat. Oleh karena itu, ia mengatakan negara membutuhkan sumbangsih pemikiran, bagaimana menjaga NKRI agar tetap utuh," ucapnya. 

Sekretaris Daerah, Sahtiar berharap, seminar ini dapat merumuskan hal-hal strategis untuk pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Menurutnya, pembangunan di daerah perbatasan dan daerah terdepan menjadi satu hal yang ada dalam RPJMN.

"Karena ada anggota DPR RI di sini, kita bersama-sama mengadakan seminar ini. Daerah perbatasan lain termasuk Anambasmenjadi pembahasan dalam hal RPJMN," ucap Sekretaris Daerah Sahtiar S.H., MM.

Halaman
1234
Penulis: Rahma Tika
Editor: Septyan Mulia Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved