Singapura Tak Pernah Fasilitasi Visa Khusus Turis Asing Melintas ke Negara Lain

Singapore's Immigration and Checkpoints Authority (ICA) menegaskan pihaknya tidak memfasilitasi visa khusus bagi wisatawan asing

Singapura Tak Pernah Fasilitasi Visa Khusus Turis Asing Melintas ke Negara Lain
TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO
Sejumlah wisatawan asing tiba di Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam, Selasa (9/2). Libur imlek yang berlangsung selama tujuh hari di Singapura dimanfaatkan untuk berlibur salah satunya di Pulau Batam. TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO 

TRIBUNBATAM.id - Singapore's Immigration and Checkpoints Authority (ICA) atau Imigrasi Singapura menegaskan pihaknya tidak memfasilitasi visa khusus bagi wisatawan asing untuk melintas ke negara lain.

Penegasan itu disampaikan oleh Samuel Woon dari Konsulat Singapura.

Samuel Woon sekaligus mengklarifikasi berita berjudul "Harus Lewat Singapura, Begini Prosedur Kunjungan WN Tiongkok ke Batam, Jika Bandel Ini Sanksinya", dan " Gunakan Visa Khusus, Ini Batas Maksimal Kunjungan WN Tiongkok ke Batam Lewat Singapura."

"Kami tidak berikan fasilitas visa khusus terhadap wisatawan asing untuk melintas ke negara lain melalui Singapura," ujar Samuel Woon. (*)

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Batam Romi Yudianto mengungkapkan, saat ini warga negara Tiongkok diizinkan masuk wilayah Batam dengan visa khusus.

“Ada kebijakan bahwa warga negara Tiongkok itu diberikan visa khusus untuk melintas melalui Singapura menuju Batam,” kata Romi.

 Warga negara Tiongkok diizinkan untuk tinggal di Batam selama lima hari dan akan kembali lagi melalui Singapura.

“Jadi ada pembicaraan antara Indonesia dan Singapura untuk memberikan visa khusus selama 4-5 hari untuk berkunjung ke Batam, jadi memang kita diuntungkan di perbatasan ini,” jelas Romi.

Hal ini merupakan kebijakan Immigration Checkpoint Authority (ICA) Singapura yang merupakan kantor keimigrasian negara Singapura khusus untuk warga negara Tiongkok.

Wisatawan asal Tiongkok ini akan tinggal di Batam selama periode rencana perjalanan yang telah diajukannya.

Halaman
12
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved