HEADLINE TRIBUN BATAM

Tak Ada Pemadaman Listrik Lagi, PLTGU Tanjunguncang Pembangkit Terbesar

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Dan Uap (PLTGU) Tanjunguncang akhirnya resmi dioperasikan untuk mengaliri pasokan listrik di Batam dan Bintan.

Tak Ada Pemadaman Listrik Lagi, PLTGU Tanjunguncang Pembangkit Terbesar
TRIBUNBATAM.ID/MADI DWINANDO
Headline Tribun Batam 

Tak Ada Pemadaman Listrik Lagi, PLTGU Tanjunguncang Pembangkit Terbesar

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Setelah tujuh tahun dibangun, Pembangkit Listrik Tenaga Gas Dan Uap (PLTGU) Tanjunguncang akhirnya resmi dioperasikan untuk mengaliri pasokan listrik di wilayah Batam plus Bintan.

PLTGU Tanjunguncang yang kapasitas 120 megawatt Full Block itu merupakan pasokan daya listrik terbesar di Kota Batam dibanding pembangkit lainnya. Bahkan, kapasitas PLTGU ini mampu memasuk seperempat dari kebutuhan listrik saat beban puncak.

"Ini merupakan satu satunya PLTGU Batam yang memiliki kapasitas daya terbesar dibanding pembangkit lainnya," ujar Direktur Utama PLN Batam, Dadan Kurniadipura, usai meresmikan opersional PLTGU Tanjunguncang, Kamis (16/1) siang.

Persemian PLTGU Tanjunguncang ini ditandai dengan penandatananan prasasti oleh Komisaris Utama Bright PLN Batam Yahya Sacawiria dan Dirut PLN Batam Dadan Kurniadipura, Kamis (16/1/2020).

Dadan mengatakan, kehadiran PLTGU ini akan menjamin kehandalan listrik Kota Batam dan Bintan.

Warga, kata dia, tidak perlu khawatir lagi dengan pemadaman bergilir jika ada gangguan atau pemeliharaan, seperti yang sering terjadi selama ini.

PLTGU Tanjung Uncang Batam Diresmikan, Dadan : Warga Tak Perlu Khawatir Padam Listrik

Kondisi listrik saat ini --sebelum PLTGU Tanjunguncang beroperasi– PLN Batam sebenarnya memiliki cadangan setrum 65 megawatt.

Hanya saja, cadangan itu belum bisa menjadi penopang jika terjadi gangguan atau pemeliharaan rutin.

Dengan tambahan pasokan 120 MW, maka kondisi listrik Batam makin aman, termasuk juga Bintan yang juga disuplai oleh PLN Batam sejak awal tahun 2019 lalu.

Halaman
1234
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved