Triawan Munaf Jabat Komisaris Utama Garuda, Tugas Awal Perbaiki Citra Perusahaan

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Garuda Indonesia Tbk menunjuk mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama.

Triawan Munaf Jabat Komisaris Utama Garuda, Tugas Awal Perbaiki Citra Perusahaan
Kolase TribunNewsmaker - Kompas.com
Triawan Munaf jadi Komisaris Utama Garuda Indonesia 

TRIBUNBATAM,id. JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia Tbk pada Rabu (22/1) menunjuk mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf sebagai Komisaris Utama dan mantan Direktur Utama (Dirut) PT INTI (Persero) Irfan Setiaputra sebagai Dirut.

Putri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Yenny Zarnubah Wahid juga didapuk menjadi komisaris independen. Triawan Munaf ditunjuk menggantikan Komisaris Utama sebelumnya Sahala Lumban Gaol. Sementara Irfan mengisisi posisi I Gusti Ari Askhara yang diberhentikan akibat kasus penyelundupan Harley Davidson.

"Hasil yang ditunggu-tunggu sudah ada. RUPSLB menunjuk Triawan Munaf sebagai Komut dan Irfan Setiaputra sebagai Dirut," kata Sahala saat konferensi pers di Tangerang, Banten.

Sahala mengatakan ada sedikit perubahan dalam susunan kepengurusan, yaitu hadirnya wakil komut yaitu Chairal Tanjung dan wakil dirut Dony Oskaria.

Menteri BUMN Erick Thohir saat ditemui beralasan memilih Yenny Wahid karena ia dianggap mumpuni. "Ibu Yenny Wahid figur perempuan yang sangat mumpuni, dan perwakilan publik yang dapat dipercaya," ujar Erick.

Erick juga menyebut Irfan adalah sosok yang mampu menahkodai perusahaan maskapai berpelat merah itu. Dia berharap Irfan bisa mengemban amanah udan mengelola Garuda Indonesia dengan tata kelola yang baik.

“Kami di Kementerian BUMN berupaya mencari figur terbaik yang akan duduk mengelola flight carrier kita, Garuda Indonesia," kata Erick.

Untuk penunjukkan Triawan Munaf, Erick meyakini mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif itu mempunyai pengalaman di bidang pemasaran dan pembangunan citra perusahaan. "Pak Triawan Munaf dengan semua pengalaman beliau tentu akan mampu memberikan masukan strategi pemasaran dan meningkatkan citra Garuda yang sempat terganggu," kata dia.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, adanya Yenny Wahid diharapkan dapat menyelesaikan masalah isu perempuan. Diketahui belakangan Garuda Indonesia diterpa isu miring mengenai pramugari yang diduga menjadi gundik bos maskapai nasional tersebut.

Arya tak merinci isu perempuan tersebut. Dia juga menepis pemilihan Yenny Wahid untuk mengurus kasus 'gundik' "Bukan masalah gundik," katanya.

Halaman
12
Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved