BATAM TERKINI

Dinas Koperasi dan UMKM Batam Sosialisasi Pengurusan Izin Melalui OSS

Pinjaman usaha melalui dana KUR atau dana bergulir dari pemerintah bisa dikeluarkan untuk pelaku usaha yang sudah memiliki izin melalui OSS.

Dinas Koperasi dan UMKM Batam Sosialisasi Pengurusan Izin Melalui OSS
TRIBUNBATAM.id/IAN SITANGGANG
Sosialisasi KUR dan dana bergulir dari pemerintah Kota Batam, Jumat (24/1/2020) 

Dinas Koperasi dan UMKM Batam Sosialisasi Pengurusan Izin Melalui OSS

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kota Batam, Provinsi Kepri bekerjasama dengan Kecamatan, dan Bank BRI, menyosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR), usaha mikro, kecil serta dana bergulir dari Pemerintah Kota Batam.

Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), usaha mikro, kecil serta dana bergulir dari Pemerintah Kota Batam, dilaksanakan di setiap kecamatan, sekaligus memberikan pemaparan terhadap masyarakat pelaku usaha dalam pengurusan perizinan melalui Online Single Submission (OSS), sesuai dengan peraturan presiden nomor 24 tahun 2018.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Batam, Suleman Nababan mengungkapkan, sosialisasi dilaksanakan untuk membantu pelaku usaha kecil menengah yang ada di Kota Batam, dalam memajukan usaha mereka.

Suleman mengatakan, sosialisasi perlu dilaksanakan dengan terbitnya peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018, di mana semua izin usaha harus melalui satu pintu.

"Kalau dulu yang menerbitkan izin usaha itu adalah kecamatan, tetapi dengan adanya PP 24 tahun 2018, izin usaha harus dilaksanakan melalui sistem OSS," kata Suleman, Jumat (24/1/2020).

Dia menjelaskan, pinjaman usaha melalui dana KUR atau dana bergulir dari pemerintah bisa dikeluarkan untuk pelaku usaha yang sudah memiliki izin melalui OSS.

"Jadi ini yang perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat," kata Suleman.

Untuk membantu masyarakat, Dinas Koperasi dan UMKM, saat ini memiliki TIM pendamping pelaku usaha dalam melakukan pengurusan perizinan dan pengajuan pinjaman, baik KUR dan juga dana bergilir.

"Ini yang perlu diketahui masyarakat," terangnya.

Ke depan Tim pendamping dari Dinas Koperasi dan UMKM akan mendampingi prlaku usaha dalam mengurus izin usaha.

Hal ini dilaksanakan agar pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Batam, bisa menjalankan usaha.

"Kita berharap dana KUR dan dana bergulir dari pemerintah kota Batam, berjalan dan tepat sasaran," kata Suleman. (Tribunbatam.id/Ian Sitanggang)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved