Bulan Januari 2020, 3 Hektare Lebih Lahan Kembali Terbakar di Kecamatan Toapaya Bintan

3 hektare lebih lahan hangus terbakar di Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan sejak Jumat (24/01/2020) kemarin.

Bulan Januari 2020, 3 Hektare Lebih Lahan Kembali Terbakar di Kecamatan Toapaya Bintan
(Istimewa)
Suasana saat pihak kepolisian bersama damkar Toapaya mengecek kondisi ahan yang sudah terbakar di Kecamatan Toapaya, Bintan. 

TRIBUNBATAM.id - 3 hektare lebih lahan hangus terbakar di Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan sejak Jumat (24/01/2020) kemarin.

Kebakaran itu terjadi di tiga lokasi, yakni  di lahan kosong di depan Waduk Gesek,  lahan di jalan lama arah Tanjunguban tepatnya di Batu 24 dan kemudian lahan di Bukit Zaitun, Batu 24.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Toapaya, Nurwendi menuturkan bahwa kebakaran yang terjadi di tiga lokasi kecamatan Toapaya berlangsung mulai dari pagi, siang dan malam hari.

Dimana kebakaran itu,pertama terjadi di lahan kosong di depan Waduk Gesek terbakar.

"Pada peristiwa kebakaran itu, satu unit mobil Damkar berkapsitas 3 ton air dikerahkan ke lokasi untuk proses pemadaman api. Setelah satu jam lamanya, api pun berhasil di padamkan,"ucapnya, Minggu (26/01/2020).

Lanjutnya, setelah tim damkar berhasil memadamkan api, berselang beberapa menit, pihaknya mendapatkan informasi kebakaran lahan kembali terjadi di jalan lama arah Tanjunguban tepatnya di Batu 24 terbakar.

"Nah mendengar informasi itu, kita langsung menuju lokasi dengan mengerahkan mobil damkar berisikan 3 ton air, dan berselang 1 jam lebih tim berjibaku berhasil memadamkan api," tuturnya.

Nurwendi juga menyebutkan, setelah dua lokasi lahan yang terbakar itu berhasil dipadamkan.

Pihaknya kemudian beristirahat beberapa jam. Kemudian tim kembali mendapatkan laporan bahwa pada  malam hari sekitar pukul 19:05 Wib  kebakaran kembali terjadi di Bukit Zaitun, Batu 24.

Mendengar laporan itu, tim langsung menuju ke lokasi.

Namun saat tim hendak melakukan pemadaman api, lokasi tempat kebakaran sangat terjal dan bergelombang sehingga sangat menyulitkan tim untuk mencapai lokasi kebakaran.

"Tapi kita terus berupaya dan setelah berangsur 5 jam lamanya, berhasil kita padamkan dengan air yang kita gunakan hampir 9 ton air di lokasi,"ungkapnya.

Nurwendi juga menambahkan, pada proses pemadaman api di lokasi, selain tim dari Damkar Toapaya, pihak kepolisian dan TNI juga turut berjibaku membantu proses pemadaman api.

"Kalau untuk korban jiwa tidak ada pada kejadian kebakaran di tiga lokasi kemarin.Namun luas lahan yang terbakar mencapai 3 hektare lebih di tiga lokasi, dan belum diketahui penyebab kebakaran," tutupnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved