Breaking News:

BATAM SIAGA VIRUS CORONA

Dampak Virus Corona, Pengelola Pelabuhan Internasional Batam Center Akui Jumlah Kunjungan Menurun

Kondisi ini membuat angka kunjungan wisman ke Batam menurun. Terutama yang melalui Pelabuhan Internasional Batam Center

TRIBUNBATAM.ID/ROMA ULY SIANTURI
Sejumlah penumpang yang baru tiba dari Malaysia di Pelabuhan Internasional Batam Center menggunakan masker, Kamis (30/1/2020). Akibat wabah virus corona, pengelola pelabuhan mengakui, ada penurunan jumlah kunjungan dari Singapura dan Malaysia 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Isu penyebaran virus corona dan menimbulkan korban jiwa, sejumlah negara resah dan memperketat sistem keamanan mereka. Terutama keamanan yang melalui bandara hingga pelabuhan laut.

Salah satu negara yang melakukan pengetatan sistem keamanan tersebut adalah, Singapura. Bahkan Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melarang kunjungan dari pelancong China, termasuk warga asing yang berkunjung ke China dalam kurun waktu 14 hari.

Kondisi ini membuat angka kunjungan wisman ke Batam menurun. Terutama yang melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

Manager Operasional PT Synergy Tharada, yang merupakan Pengelola Pelabuhan Internasional Batam Center, Nika Astaga menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan dari Singapura dan Malaysia yang melalui Pelabuhan Internasional Hang Nadim Batam mengalami penurunan secara signifikan.





Biasanya pada hari normal (Senin hingga Jumat), angka kunjungan wisman yang ke Batam dari Singapura dan Malaysia diketahui mencapai 6.000 orang dalam satu harinya. Dan 10 ribu untuk Sabtu dan Minggu setiap.

Kini, jumlah tersebut merosot hingga mencapai 1.000 orang per hari di Sabtu hingga Jumat atau hari normalnya. Dan 5.000 ribu orang dari Sabtu dan Minggu.

"Penurunan ini, merupakan imbas dari adanya larangan sejumlah negara terhadap warga negara asing yang pernah mengunjungi China olah adanya Virus Corona. Salah satunya dari Singapura," ujar Nika, Senin (3/2/2020).

Penolakan WNI di Natuna, Menkes Sebut Kesehatan Warga Natuna Tanggung Jawabnya

Mendagri Minta SE Libur Sekolah di Natuna Dicabut, Kadisdik: Besok Sudah Masuk Sekolah seperti Biasa

Diakuinya hal ini dikarenakan karena adanya larangan itu, sehingga pintu gerbang kunjungan wisatawan mancanegara yang berasal dari Singapura dan Malaysia menjadi menurun.

"Melorot sekali malahan," katanya.

Ia juga mengatakan, seluruh petugas yang ada di Pelabuhan Internasional Batam Center diimbau untuk mengenakan masker saat beraktivitas sehari-hari di Pelabuhan. Begitu juga calon penumpang maupun warga Batam yang akan masuk ke Pelabuhan.

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved