Breaking News:

SIAGA VIRUS CORONA

Wabah Virus Corona, Ketum IDI dr Daeng M Faqih: Tidak Seganas SARS dan Flu Burung

Terkait Virus Corona, Pemerintah Indonesia menurut Daeng sudah berpengalaman dalam mengambil langkah medis seperti saat virus flu burung.

Editor: Septyan Mulia Rohman
Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
Ketua Persatuan Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Daeng M Faqih menyebutkan Virus Corona tidak seganas dengan SARS atau Flu Burung. 

TRIBUNBATAM.id - Wabah Virus Corona tidak seganas SARS dan Flu Burung yang pernah terjadi pada sejumlah negara di dunia.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Daeng Faqih, yang diunggah dalam kanal YouTube Talk Show tvOne seperti dikutip Tribunnews.com, Senin (3/2/2020).

Ia menegaskan, Pemerintah Indonesia juga sudah berpengalaman menanggulangi dan mengantisipasi seperti virus flu burung.

Seperti diketahui, 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang divakuasi dari Wuhan, China menjalani masa observasi di Natuna, Kepulauan Riau selama 14 hari sejak Minggu (2/2/2020).

"Corona ini tidak lebih ganas dari virus itu. Dari angka kematian, virus corona data terakhir yang terjangkit ada 14.000, angka kematian 300 sekian," ungkapnya.

Angka kematian yang terjangkit virus corona, menurutnya tak sebanding dengan flu burung.

"Artinya sekitar belum ada 5% dibanding flu burung yang bisa mencapai 80% angka kematian. Dibandingkan dengan SARS yang bisa mencapai sekitar 50%," ucapnya.

Daeng Faqih meminta masyarakat tidak perlu terlalu khawatir terhadap penyebaran virus corona.

Ia menyebut virus corona tidak seperti SARS dan flu burung yang harus ditakuti dan benar-benar dilindungi.

"Misalnya masker yang betul-betul ketat. Dengan masker biasa yang kita pakai sehari-hari itu masyarakat sudah terlindungi. Asal dipakai dengan benar," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved