ANAMBAS TERKINI

IPM Anambas 2019 Meningkat Dibanding 2018, Ini Kata BPS dan Kepala Bappeda Anambas

IPM Kepulauan Anambas pada tahun 2019 menunjukkan grafik pertumbuhan 1,41 persen dibanding tahun 2018..

IPM Anambas 2019 Meningkat Dibanding 2018, Ini Kata BPS dan Kepala Bappeda Anambas
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
BPS perdana rilis IPM bersama beberapa OPD, dan Kepala Bappeda Kepulauan Anambas, Selasa (25/2/2020). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepulauan Anambas saat ini statusnya sedang, masih sama seperti pada tahun 2018.

IPM Kepulauan Anambas pada tahun 2019 menunjukkan grafik pertumbuhan 1,41 persen dibanding tahun 2018.

Diketahui bahwa posisi Kepulauan Anambas menempati posisi kedua setelah Lingga.

Berdasarkan data tersebut pertumbuhan Kepulauan Anambas melonjak naik pada peringkat 291 dari 515 kabupaten/kota yang ada di Indonesia pada tahun 2019. Sebelumnya Anambas duduk di posisi 309 pada tahun 2019.

CUACA Ekstrim di Anambas, Cabai dan Tomat Kosong di Pasar



"IPM Anambas tahun 2019 mencapai 68,48, meningkat sebesar 0,95 poin dibanding tahun sebelumnya," ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Anambas, Donny Cahyo Wibowo kepada wartawan, Selasa (25/2/2020)..

Donny melanjutkan, indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia, IPM merupakan salah satu target pemerintah dalam pembahasan pembangunan asumsi makro di DPR-RI.

"Adapun IPM menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) sebagai alokasi," sebutnya.

Ia pun menuturkan dalam forum pertemuan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu bahwa IPM merupakan indikator jangka panjang sehingga perlu berhati-hati.

Pembangunan manusia dapat dilihat dari kecepatan IPM.

Ia pun mengungkapkan bahwa rilis yang disampaikannya pada forum tersebut merupakan perdana dilaksanakan, untuk kedepannya akan direncanakan dirilis agar publik tahu.

"Saat ini BPS sedang melaksanakan sensus penduduk secara online, masyarakat bisa mengakses melalui sensus.bps.go.id, dibuka mulai 15 Februari-31 Maret 2020," pesannya.

Hadir pada forum tersebut Kepala Bappeda Kepulauan Anambas Adies Saputra. Ia mengungkapkan bahwa pemerintah berupaya melalui program pembangunan dalam satu tahun terakhir.

"Yang menjadi perhatian pemerintah saat ini adalah pertumbuhan yang mencapai 68,48. Sebab tahun lalu targetnya 66,7, dan tahun depan 67,23. Dari apa yang telah disampaikan tahun 2019 ini sudah melampaui target," sebut Adies.

Pihaknya mengaku optimis pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) mendatang IPM Kepulauan Anambas masuk kategori tinggi..

(Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved