HEALTHY LIFESTYLE

Mengenal Empon-empon dan 5 Jamu Tradisional Khas Indonesia, Ampuh Tangkal Virus, Wajib Dikonsumsi

Ditengah merebaknya kasus kematian akibat virus Corona, membuat banyak masyarakat berusaha mencari asupan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.

kompas.com
Ilustrasi Jamu 

TRIBUNBATAM.id -- Ditengah merebaknya kasus kematian akibat virus Corona, membuat banyak masyarakat berusaha mencari asupan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya, salah satunya yakni dengan mengkonsumsi ramuan herbal atau jamu

Jamu tradisional yang banyak diburu adalah ramuan empon-empon, apalagi setelah peneliti dari Universitas Airlangga, Prof.Dr.drh Chairul Anwar Nidom mengklaim, formula tersebut mampu melindungi tubuh dari serangan virus.

Presiden Joko Widodo pun sudah lama terkenal akan kebiasaannya mengkonsumsi jamu setiap hari.

Dalam beberapa wawancara dengan media, ia membocorkan ramuan jamunya yang terdiri dari campuran temulawak, jahe, dan kunyit. Rempah-rempah itu dipotong-potong, lalu diseduh air panas, disaring, lalu diminum.

Menurut Jokowi, ia sudah rutin mengonsumsi jamu tersebut sekitar 18 tahun dan bermanfaat untuk membuat tubuhnya bugar di tengah padatnya aktivitas. 

pedagang jamu tradisional
pedagang jamu tradisional (kompas.com)

Para penjual jamu tradisional biasanya membuat sendiri jamunya. Rempah-rempah berkhasiat dikupas, disangrai, diparut, digerus atau pun ditumbuk, sebelum direbus.

Berikut adalah beberapa ramuan jamu yang sangat populer di masyarakat, khususnya di Jawa.

1. Empon-empon

Bahannya terdiri dari kurcumin, jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan empon-empon lain. Mengonsumsi jamu empon-empon dapat membantu mencegah penyakit akibat infeksi virus.  

2. Jahe kencur jeruk

Halaman
12
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved