Breaking News:

VIRUS CORONA

COVID-19 Mewabah, Apakah Tahapan Pemilu Serentak 2020 Ditunda? Ini Penjelasan KPU Kepri

Wabah Covid-19 menghantui berbagai daerah di Indonesia termasuk daerah yang pada tahun ini mengikuti Pilkada serentak 2020.

Tribunbatam.id
pilkada 

COVID-19 Mewabah, Apakah Tahapan Pemilu Serentak 2020 Ditunda? Ini Penjelasan KPU Kepri 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pilkada serentak rencananaya akan digelar tahun 2020 ini. Bahkan, tahapan pemilu sudah mulai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum.

Di tengah persiapan menjelang Pemilu, wabah Covid-19 menghantui berbagai daerah di Indonesia termasuk daerah yang pada tahun ini mengikuti Pilkada serentak 2020.

Lantas, apakah akan ada penundaan jadwal Pilkada serentak tersebut?

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepri Sriwati menyatakan, hingga kini KPU RI belum memberikan arahan terkait penundaan atau memberhentikan sementara tahapan Pilkada serentak.

Komisi pemilihan umum RI telah mengeluarkan surat edaran sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan KPU  yang ada di daerah.

"Langkah-langkah preventif sudah diatur dalam Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 untuk masalah pencegahan Covid 19," ujar Sri, Jumat (20/3/2020)

Dikutip dari Kompas.com, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 serentak tak mengalami perubahan jadwal kendati Covid-19 mulai mewabah ke Indonesia.

"Tidak ada perubahan rencana. Jadi jadwal Pilkada serentak yang akan berlangsung September itu masih terjadwal," ujar Mahfud dalam keterangan video Kemenko Polhukam, Selasa (17/3/2020).

Mahfud mengatakan, penyebaran virus corona tak berdampak pada perubahan persiapan pelaksanaan pesta demokrasi.

Mulai persiapan teknis operasional, keamanan, hukum, hingga aspek politisnya tetap berjalan seperti biasanya. (Tribunbatam.id/Alamudin)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved