VIRUS CORONA

Terminal Feri Internasional Kukup Johor Malaysia Dipadati WNI yang Hendak Pulang ke Tanah Air

WNI memadati Terminal Feri Internasional Kukup di Pontian, Johor, Malaysia, untuk melakukan perjalanan kembali pulang ke tanah air.

(Istimewa)
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, JOHOR BARU - Warga Negara Indonesia (WNI) memadati Terminal Feri Internasional Kukup di Pontian, Johor, Malaysia, untuk melakukan perjalanan pulang ke tanah air, sejak Perintah lockdown mulai berlaku pada Rabu, (18/03/2020).

Kepala kepolisian Pontian, Mustafa Bakri Salleh mengatakan, eksodus terjadi pada hari pertama RMO dan melibatkan banyak pekerja, termasuk mereka yang bekerja di pabrik-pabrik di kota Johor

"Sebagian besar dari mereka adalah para pekerja yang ingin kembali ke keluarga mereka selama periode RMO, dan itu karena mereka tengah diberi cuti.

"Pemeriksaan suhu dan tindakan pencegahan lainnya, baik dari departemen kesehatan negara, maupun dari pihak Indonesia, telah diberlakukan di pos pemeriksaan sejak awal wabah Covid-19," katanya, Sabtu, (21/03/2020).

Ia menambahkan, bahwa jumlah schedule perjalanan dari terminal feri ke Tanjung Balai Karimun, Indonesia, akan ditingkatkan. 

MUI Batam Minta Tempat Hiburan Malam Patuhi Imbauan Pemerintah, Tutup Sementara di Tengah Corona

5 Erick Thohirs Breakthrough in the War Against Corona virus, Heres the Details

"Saat ini ada empat jadwal perjalanan dari terminal feri Kukup ke Tanjung Balai Karimun, Indonesia setiap hari. Kami berusaha meningkatkan jumlah perjalanan menjadi enam jadwal untuk mengatasi tingginya jumlah penumpang," katanya, seraya menambahkan bahwa setiap perjalanan atau sekali jalan bisa menampung sekitar 160 penumpang. 

Sebelumnya, anggota parlemen Tanjung Piai, Wee Jeck Seng, memposting foto orang-orang yang tengah berkerumun di laman Facebook-nya. 

Dia mengatakan, bahwa dia telah menerima keluhan dari warga sekitar, yang khawatir terhadap kerumunan orang sehingga dapat menyebarkan wabah corona ini lebih lanjut. 

"Saya telah menerima keluhan dari beberapa warga pagi ini, bahwa pos pemeriksaan di Kukup kewalahan menangani Warga Negara Indonesia yang ingin kembali ke negara mereka.

"Penduduk sekitar khawatir bahwa kerumunan seperti itu akan mempercepat penyebaran virus dan menyebabkan bencana besar," katanya dalam postingan Facebook, (21/3/2020). 

Ia menjelaskan, bahwa dirinya telah menghubungi Menteri Besar Johor, Hasni Mohammad, petugas distrik Pontian dan pihak polisi Pontian untuk segera mengambil tindakan.   (*liasd) 

5 Erick Thohirs Breakthrough in the War Against Corona virus, Heres the Details

Ini Hasil Pertemuan Wali Kota Batam, Pengusaha & Pihak Lainnya, Jumat (20/3) terkait Covid-19

Belum Ada Penutupan Rumah Ibadah, Wali Kota Batam Undang Pemuka Agama Bahas Langkah Cegah Covid-19

VIDEO - Total Sumbangan Pengusaha Batam Untuk Tangani Corona Capai Rp 10 Miliar

 

Sumber: https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/coronavirus-worries-johors-kukup-ferry-terminal-crowded-as-indonesians-flock-home

Penulis: Lia Sisvita Dinatri
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved