VIRUS CORONA DI KEPRI

Hazmat Untuk Tim Medis Kepri Terbatas, Plt Gubernur : Dana Ada, Kita Lagi Cari

Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, pihaknya terus berupaya mencari dan menyediakan alat pelindung diri untuk para tenaga medis.

Hazmat Untuk Tim Medis Kepri Terbatas, Plt Gubernur : Dana Ada, Kita Lagi Cari
South China Morning Post
ILUSTRASI staf medis mengenakan hazmat suit dalam menangani virus corona. 

Hazmat Untuk Tim Medis Kepri Terbatas, Plt Gubernur : Dana Ada, Kita Lagi Cari

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Saat ini, keterbatasan alat pelindung diri (APD) terutama pakaian pelindung diri (hazmat) untuk tenaga medis yang merawat pasien covid-19 menjadi masalah tersendiri.

Dilansir dari Kompas.id, beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Semarang Jawa Tengah dan Palu, Sulawesi tengah  memberdayakan tangan-tangan kreatif untuk menjahit baju pelindung diri  yang saat ini serba kekurangan di berbagai daerah di tanah air.

Bagaimana di Kepri?

Plt Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, pihaknya terus berupaya mencari dan menyediakan alat pelindung diri untuk para tenaga medis yang menangani pasien covid-19.

"Untuk pendanaan kita (provinsi Kepri) ada, tapi kebingungan membeli, tetapi kita juga berusaha mencari," kata Isdianto Kamis (26/3/2020)

Selain baju pelindung diri, kekurangan masker juga dikeluhkan masyarakat dan tenaga kesehatan.

Namun, Isdianto menjelaskan, dalam waktu dekat akan ada bantuan masker untuk tenaga medis dan akan dibagikan sebagian ke masyarakat Kepri.

Sedangkan kemungkinan membuat atau memproduksi hazmat lewat UMKN di Kepri, Isdianto menjelaskan kendala yang dihadapi ialah bahan bakunya. 

"Sulitnya mengakses bahan baku, sehingga agak kewalahan, sebenarnya menggunakan jas hujan juga bisa tapi rasanya tak etis menggunakan itu," sebut Isdianto

Isdianto mengatakan, pihaknya berjanji akan mengupayakan seoptimal mungkin mencari tambahan alat pelindung diri untuk tenaga medis.

Seperti diketahui Pemerintah provinsi mendapatkan 2.000 alat pelindung diri penanganan Covid-19 yang dibagikan ke seluruh kabupaten/kota di Kepri(TRIBUNBATAM.id/ALAMUDIN)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved