BATAM TERKINI

Ujian Nasional 2020 Dihapus, Kadisdik Batam Ungkap Formula Kelulusan Siswa

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan mengungkap formulasi kelulusan bagi siswa SMP setelah UN ditiadakan.

Ujian Nasional 2020 Dihapus, Kadisdik Batam Ungkap Formula Kelulusan Siswa
tribunbatam.id/roma uly sianturi
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan 

Ujian Nasional 2020 Dihapus, Kadisdik Batam Ungkap Formula Kelulusan Siswa

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Hendri Arulan mengatakan tahun ini Ujian Nasional (UN) di Batam akan ditiadakan.

Kebijakan ini mengikuti kebijakan pemerintah pusat.

Sejatinya, ditiadakannya UN 2020 ini sudah mendapat kepastian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Hanya saja, tanpa UN pemerintah harus menyiapkan formula untuk menentukan bagaimana seorang siswa dinyatakan lulus atau tidak.

Hendri menyebutkan, salah satu formula yang akan dipakai untuk menentukan kelulusan siswa tingkat SMP adalah dengan perhitungan nilai rapor siswa selama 5 semester.

Nilai rapor di 5 semester itu akan ditambahkan dengan hasil ujian siswa pada semester 6 atau semester terakhir untuk tingkat SMP.

“Jadi kalau dia SMP hitungannya dari semester 1 kelas 7 sampai semester 5 kelas 9. Nilai kumulatif itu ditambah ujian semester 6,” ujar Hendri, Kamis (26/3/2020).

Sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan petunjuk teknis yang resmi dari pusat perihal pelaksanaan penentuan kelulusan siswa di tingkat SD dan SMP di Kota Batam.

Namun gambaran seperti apa nantinya penilaian yang dilakukan, tidak akan berbeda jauh dari apa yang ia jelaskan di atas.

Halaman
12
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved