VIRUS CORONA

Perangi Corona, Pemerintah Indonesia Dapat Bantuan Rp 37,6 Miliar dari Amerika Serikat

Pemerintah Indonesia mendapat bantuan kesehatan dari Amerika Serikat senilai 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 37,6 Miliar.

istimewa
Pemerintah Indonesia mendapat bantuan kesehatan dari Amerika Serikat senilai 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 37,6 Miliar. 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id -- Pemerintah Indonesia mendapat bantuan kesehatan dari Amerika Serikat senilai 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 37,6 Miliar.

Bantuan itu dalam rangka mendukung negara terdampak memerangi virus corona atau covid-19.

Dalam pernyataan tertulis yang dirilis Kedutaan Besar AS di Jakarta disampaikan, bantuan kesehatan digunakan untuk mempersiapkan sistem laboratorium, mengaktifkan penemuan kasus dan pengawasan berbasis kejadian, serta mendukung ahli teknis dalam respons dan kesiapsiagaan.

Disebutkan bantuan itu merupakan bentuk lain dari bukti kepemimpinan Amerika Serikat dalam bantuan kesehatan dan kemanusiaan global.

Sebaran Virus Corona di Kepri: 1 Pasien Baru Positif Covid-19 di Tanjungpinang, 1.063 ODP di Batam

Dampak Malaysia Lockdown, Permintaan Ekspor Daging Babi dari Kepri Meningkat 2 Kali Lipat

"Dirancang untuk melindungi publik Amerika dengan membantu meminimalkan penyebaran penyakit di negara-negara yang terdampak serta meningkatkan respons lokal dan global terhadap wabah patogen yang menular," lanjut keterangan itu.

Bantuan ini merupakan bagian dari paket respons global yang lebih besar lagi dari pemerintah AS, yang melibatkan sejumlah departemen dan institusi, termasuk Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Dikatakan pula sejak 2009, pembayar pajak Amerika mendanai bantuan kesehatan senilai lebih dari 100 miliar dolar dan hampir 70 miliar dolar bantuan kemanusiaan secara global.

"Dana ini telah menyelamatkan nyawa, melindungi orang-orang yang paling rentan terhadap penyakit, membangun institusi kesehatan, dan mendorong stabilitas komunitas dan bangsa-bangsa," demikian disampaikan oleh Kemlu AS.

Hingga Selasa sore ini, di Indonesia tercatat ada 1.528 kasus positif COVID-19, dengan total 136 kasus kematian serta 81 orang pasien dinyatakan sembuh.

(Tribunnews/Rina Ayu)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul AS Beri Bantuan ke Indonesia Senilai Rp 37,6 Miliar untuk Tangani Virus Corona

Editor: Danang Setiawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved