Breaking News:

PILKADA ANAMBAS

Ikut Keputusan Pusat, KPU Anambas Tunda Tahapan Pilkada Serentak 2020 Karena Covid-19

Ikut keputusan KPU Pusat, KPU Anambas menunda pelaksanaan tahapan pilkada serentak 2020 untuk pencegahan penyebaran Covid-19

TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas, Jupri Budi 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas menunda pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020. Hal ini berdasarkan keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang penundaan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Instruksi sudah jelas dari KPU pusat untuk menunda tahapan pilkada masing-masing daerah yang menggelar Pilkada di tahun 2020. Karena adanya pencegahan penyebaran Covid-19 ini," ujar Ketua KPU Anambas, Jupri Budi kepada wartawan, Jumat (3/4/2020).

Adapun pertimbangan penundaan tahapan pilkada 2020, yakni verifikasi syarat dukungan calon perseorangan yang belum dilaksanakan. Terdiri dari verifikasi faktual, rekapitulasi dukungan tingkat kecamatan dan kabupaten.

"Kita sudah beritahu kepada calon yang mendaftar dan partai serta masyarakat terkait penundaan tahapan Pilkada 2020 dan informasi pelaksanaan pilkada nanti," lanjutnya.

Sementara itu Komisioner KPU Anambas, Fadillah mengatakan ada 4 tahapan pilkada yang juga ditunda berdasarkan surat edaran tersebut. Yakni pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) dan masa kerja PPS, verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP), dan pemutakhiran dan penyusunan data pemilih.

Dampak Covid-19, Pedagang Kecil di Tanjungpinang Mengeluh Sepi Pembeli hingga Pilih Tutup

BREAKING NEWS, Pasien Positif Covid-19 di Kepri Naik Jadi 9, Penambahan di Batam dan Tanjungpinang

"Untuk bakal calon perseorangan di format BA.2 KWK sudah kita sampaikan kepada mereka dan juga disaksikan oleh pihak kepolisian," sebutnya.

Sementara itu bagi panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada tanggal 1 April sudah dilakukan penundaan kegiatan. (tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved