Breaking News:

VIRUS CORONA

Ledakan Puncak Corona Diprediksi April-Mei, Daerah Jabar dan Banten Paling Tak Siap Menghadapi

Pandemi virus corona kian meluas ke sejumlah wilayah Indonesia, termasuk ke wilayah sekitar episenter corona yakni DKI Jakarta.

Editor: Anne Maria
covid19.go.id
Ilustrasi: Sebaran Covid-19 di Indonesia Rabu (1/4/2020): Total Kasus 1.677, Tersebar 32 Provinsi, DKI Jakarta Terbanyak 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA- Mewabahnya virus Corona terjadi hampir di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Di tanah air, pandemi virus Corona kian meluas ke sejumlah wilayah

Pandemi virus corona kian meluas ke sejumlah wilayah Indonesia, termasuk ke wilayah sekitar episenter corona yakni DKI Jakarta.

Riset Katadata Insight Center (KIC) mengungkapkan,  Jawa Barat dan  Banten merupakan provinsi yang dinilai paling tidak siap menghadapi ledakan puncak virus corona yang diprediksi terjadi pada April hingga Mei 2020.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Riset Katadata, Mulya Amri dalam acara Press Briefing "Siapkah Daerah Menghadapi Pandemi: Peluncuran Indeks Kerentanan Provinsi terhadap  Covid-19" di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Rhoma Irama Ciptakan Lagu Berjudul Virus Corona, Berikut Video dan Lirik Lagunya

VIDEO - Kerjasama Unair dan ITS Kembangkan Robot Khusus untuk Layani Pasien Corona

Padahal, keduanya merupakan provinsi terdekat dengan DKI Jakarta sebagai wilayah dengan penyebaran corona terbesar di Indonesia.

"Konektivitas ketiga provinsi ini sangat baik sehingga menyebabkan mobilitas penduduk sangat tinggi. Ini berpotensi menyebarkan virus dari DKI ke dua provinsi tersebut," kata Mulya.

Berdasarkan riset KIC, DKI Jakarta,  Banten, dan  Jawa Barat merupakan provinsi dengan tingkat kerentanan paling tinggi terhadap  Covid-19. Ketiganya masing-masing memiliki indeks 47.05, 45.54, dan 43.59.

Meski memiliki indeks kerentanan tertinggi, kondisi layanan kesehatan DKI Jakarta merupakan yang paling baik di antara seluruh provinsi Indonesia.

 

Sementara,  Jawa Barat dan  Banten merupakan provinsi yang kondisi layanan kesehatannya sangat memerlukan perhatian.

Jawa Barat juga menduduki posisi paling bawah dalam skor kondisi layanan kesehatan dari 34 provinsi di Indonesia.

Sinopsis Film Code of Honor Dibintangi Steven Seagal, Tayang Pukul 23.00 WIB di Trans TV

Kapal Batam - Malaysia Cuma Bawa 1 Penumpang, Begini Kondisi Terbaru di Pelabuhan Harbour Bay 

Oleh sebab itu, Mulya menyarankan agar pemerintah bisa lebih responsif, agar kedua provinsi tersebut bisa menghadapi peningkatan jumlah pasien corona.

"Bahkan perlu ada langkah antisipasi kondisi yang lebih buruk lagi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng Faqih juga memgimbau pemerintah pusat agar lebih sigap mengatur anggaran penanganan  Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved