Breaking News:

RS CORONA DI GALANG

MILIKI 150 Tenaga Medis, RS Khusus Infeksi Covid-19 Batam Siap Terima Pasien dari Seluruh Indonesia

Jika nantinya ada pasien di rumah sakit infeksi Covid-19 Galang maka pihaknya akan melakukan penanganan sesuai standar operasional penanganan pasien.

ISTIMEWA
Sebanyak 25 tenaga medis untuk RS Khusus Infeksi Covid-19 tiba di Batam, Selasa (7/4/2020) kemarin. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 yang berada di Pulau Galang Batam diresmikan Senin (6/8/2020) lalu oleh Pangkogabwilhan I Laksda Yudo Margono.

Dan kini, rumah sakit tersebut siap menerima pasien Covid-19 dari berbagai tempat di Indonesia.

Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang Kolonel dr Khairul Ihsan Nasution mengatakan rumah sakit khusus infeksi Covid-19  dengan 240 tempat untuk ruang rawat inap isolasi sedangkan untuk ruang ICU isolasi sebanyak 20 tempat tidur telah siap melayani pasien covid-19.

"Kita sudah siap menerima pasien sejak diresmikan beberapa waktu lalu," ujarnya saat dikonfirmasi  TRIBUNBATAM.id.

Jika sampai saat ini belum ada pasien yang masuk ke RS khusus infeksi Covid-19 tersebut, karena memang belum adanya rujukan atau pasien yang datang langsung ke rumah sakit tersebut untuk berobat.

"Bukan kita belum menerima pasien tetapi dikarenakan belum adanya rujukan untuk dirawat di sini (RS khusus infeksi Covid-19)," sebutnya.

Menurut Ihsan, jika nantinya sudah ada pasien yang sudah tiba di rumah sakit infeksi Covid-19 di Pulau Galang maka pihaknya akan melakukan penanganan sesuai Standar Operasional yang berlaku dalam penanganan pasien.

Sedangkan untuk tenaga kesehatan sendiri, ada penambahan sebanyak 25 orang yang tiba Selasa (8/4/2020) kemarin yang merupakan bantuan dari tim Nusantara Sehat Indonesia rekrutan Kementerian Kesehatan RI.

"Ada penambahan dari Nusantara sehat sekitar 25 orang sehingga total tenaga medis di rumah sakit Galang ada sekitar 150 orang," katanya.

Mengenai keamanan rumah sakit tersebut, Kepala Rumah sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang Kolonel dr Khairul Ihsan Nasution memastikan pengamanan sudah diperketat sejak peresmian rumah sakit. Baik secara internal dan eksternal.

"Pengamanan eksternal  atau di luar rumah sakit dibawah tanggung jawab Dandim 0316 Batam, sedangkan pengamanan internal dilakukan oleh pihak keamanan rumah sakit seperti melakukan pengawasan dan dan patroli di dalam area rumah sakit baik dari pos jaga hingga memberlakukan piket," ujarnya. (TRIBUNBATAM.ID/ALAMUDIN)

Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved