Breaking News:

Fenomena Aneh Kemunculan Ribuan Cacing Tanah di Solo, Begini Komentar Ahli Gempa & Tsunami BMKG

Warga bingung mengyikapi fenomena ribuan cacing keluar dari dalam tanah. Ada yang mengaitkan fenomena tersebut dengan kejadian alam, seperti gempa bum

Editor: Aminudin
Instagram @kabar_klaten
Fakta di Balik Cacing Muncul dari Tanah Jumlahnya Tak Terhitung, Sudah Dibersihkan Tetap Keluar 

TRIBUNBATAM.id, SOLO - Sejak Jumat (17/4/2020) lalu, warga Solo, Jawa Tengah dihebohkan fenomena aneh ribuan cacing mendadak bermunculan keluar dari dalam tanah. 

Warga bingung mengyikapi fenomena ribuan cacing keluar dari dalam tanah. Ada yang mengaitkan fenomena tersebut dengan kejadian alam, seperti gempa bumi.

Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan isu kemunculan cacing yang dikaitkan dengan akan terjadinya gempa bumi bukan tanpa dasar.

Tangkap layar dari sebuah unggahan di media sosial Instagram mengenai keluarnya cacing dari dalam tanah di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.
Tangkap layar dari sebuah unggahan di media sosial Instagram mengenai keluarnya cacing dari dalam tanah di Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (Instagram/@kabar_klaten)

Daryono menjelaskan di Taiwan, kemunculan cacing tanah dilaporkan pada 10 hari menjelang terjadinya gempa Chi Chi pada tahun 1999.

Gempa bumi Haicheng di China pada tahun 1975 juga ditemukan fenomena yang sama, tiga hari sebelum peristiwa gempa itu terjadi.

"Beberapa sumber pustaka lain banyak yang mengungkap fenomena kemunculan cacing tanah menjelang terjadinya peristiwa gempa," sambung Daryono.

Daryono menjelaskan menurut Grant dan Conlan, kemunculan cacing tanah di permukaan menjelang terjadinya gempa bumi terkait dengan adanya anomali gelombang elektromagnetik frekuensi rendah.

Dalam sebuah penelitian, lanjut Daryono, turut mengkaji hubungan antara aktivitas cacing tanah dan kelistrikan.

Menurut sumber pustaka Ikeya yang diterbitkan tahun 1996, menempatkan beberapa elektroda yang dialiri arus listrik pada permukaan tanah yang terdapat cacing tanah.

Sejumlah cacing ternyata merespon anomali kelistrikan ini dengan cara keluar dari dalam tanah secara hampir bersamaan.

Parameter lain tanda gempa bumi Kendati demikian, kata Daryono, berdasarkan laporan mengenai kemunculan cacing yang terjadi di berbagai tempat di dunia menjelang gempa besar, ternyata selalu didukung dengan data perilaku gejala alam lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved