Breaking News:

RAMADHAN DI TANJUNGPINANG

Ingin Sehat Selama Ramadhan di Tengah Covid-19? Berikut Tips dari Kadinkes Tanjungpinang

Kadinkes Tanjungpinang, Rustam memberi tahu perilaku hidup sehat saat Ramadhan dan di tengah Covid-19. Diantaranya sering mencuci tangan, jaga jarak

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam memberitahu tips perilaku hidup sehat selama Ramadan 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang sekaligus juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kota Tanjungpinang, Rustam mengajak masyarakat untuk menggiatkan perilaku hidup sehat selama Ramadan.

Hal itu sebagai langkah pencegahan dari tertular Covid-19, agar selama puasa di bulan Ramadan tubuh tetap fit dan kesehatan terjaga.

Kiat-kiat yang direkomendasikan sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diantaranya. Mulai dari sering mencuci tangan yang benar dengan sabun dan air yang mengalir atau menggunakan pembersih hand sanitizer.

Kemudian menghindarkan kontak langsung dan melakukan physical distancing atau social distancing.

"Kalau terpaksa kontak, jaga jarak minimal 1,5 meter,”sebutnya, Senin (27/4/2020).

Ia juga mengkampanyekan, agar masyarakat menggunakan masker setiap keluar rumah, dan cuci masker setiap habis digunakan dengan sabun, perendaman minimal 10 menit.

 Dulu Sehari Bisa Dapat Rp 3 Juta, Begini Nasib Pedagang Pakaian di Batam Selama Wabah Corona



“Lebih baik untuk banyak di rumah saja, kecuali ada kegiatan yang penting serta tidak menyentuh area muka sebelum yakin tangan sudah bersih,”ucapnya.

Sementara itu, untuk kebugaran tubuh selama menjalankan puasa, agar masyarakat menjaga waktu istirahannya supaya cukup. Melakukan olahraga secara teratur, menjaga kebersihan gigi dan mulut.

“Pastikan selalu makan sahur yang bergizi seimbang. Hindari tidur selepas sahur, jangan makan berlebihan ketika berbuka, cukupi kebutuhan harian cairan tubuh,”sebutnya kembali.

Kemudian yang tidak kalah penting, Rustam mengimbau agar masyarakat menghindari makanan yang terlalu manis, asin dan berlemak, serta kepada masyarakat diimbau untuk melakukan aktivitas yang positif.

“Jangan lupa salat, beribadah untuk menenangkan hati dan pikiran. Kelola stres sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga,”pungkasnya.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved