Breaking News:

HIKMAH RAMADHAN

Ramadhan Mengetuk Pintu-Pintu Ketakwaan 

Demikian indahnya kesan yang diberikan Ramadhan, mengetuk setiap kalbu insane dalam peningkatan iman menuju maghfirah dalam pekarangan mardhatillah.

ISTIMEWA
Effendy Asmawi Alhajj 

“Hai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan berpasang-pasangan, kemudian Kami jadikan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling kenal-mengenal”…(QS. 49: 13). 

TRIBUNBATAM.id - Malam-malam Ramadhan telah berlalu, menegur kita dengan berbagai isyarat yang penuh maknawi dalam menelusuri kehidupan ini. 

Ia datang membawa ‘salam’, mengetuk rasa dengan rasa, mengetuk pikir dengan dzikir, menyeru insane agar sadar untuk meniti peran dalam setiap peranan yang telah dipatri dengan qadha yang lahir menjadi takdir. 

Setiap kita dikunjungi, ditawar tepungi dengan qiyamul-lail-Nya, agar kita tunduk kepala kepada-Nya. 

Kita dianjurkan untuk selalu menggalang persaudaraan/ukhuwah, dan sangat dilarang untuk berpecah-belah…” walaa tafarraquu” jangan bercerai-berai, “wakunuu ibadallahi ikhwanaa” yakni jadilah kita orang-orang yang bersaudara. 

Demikian indahnya kesan yang diberikan Ramadhan, mengetuk setiap kalbu insane dalam peningkatan iman menuju maghfirah dalam pekarangan mardhatillah.

Maka Ramadhan memberikan juknis kehidupan antara lain,

Pertama: Qaulan sadidaa (berbicara yang benar) QS.4:9. 

Kita diminta untuk berpikir realita yang benar tanpa membalik fakta, menghujat dan membikin isu-isu yang “up to date” hingga menimbulkan perpecahan dan permusuhan. 

Ramadhan membawa konsep kebersamaan menggalang persaudaraan. 

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved