Breaking News:

HIKMAH RAMADHAN

Ramadhan Optimisme Kehidupan 

Khawatir yang dampaknya secara psikis dapat menimbulkan rasa stres dan sedih yang muaranya akan membikin orang frustasi, justru obatnya berpuasa.

ISTIMEWA
Effendy Asmawi Alhajj 

…” orang yang berpuasa, menegakkan sikap optimis dalam kehidupannya”. (al-hukama). 

TRIBUNBATAM.id - Demikian indahnya nilai puasa dalam bulan Ramadhan ini, memberikan jiwa yang selalu segar, bersemangat dan tegar dalam menghadapi berbagai aktivitas kehidupan. 

Hal ini digambarkan oleh Allah Ta'ala dengan firmannya:

” ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada kekhawatiran bagi mereka dan mereka tidak pula bersedih hati yaitu orang-orang yang beriman dan senantiasa bertakwa. Bagi mereka, berita gembira dalam hidup di dunia dan diakhirat. Tidak ada perubahan kalimat-kalimat (janji) Allah yang demikian itu adalah kemenangan yang besar”…(QS. 10: 62-64). 

Firman Allah Taála tersebut di atas memberi hikmah pada kita, bahwa bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah Ta'ala tak ada rasa khawatir dan kesedihan. 

Khawatir yang dampaknya secara psikis dapat menimbulkan rasa stres dan sedih yang muaranya akan membikin orang frustasi, justru obatnya ada dalam kita berpuasa.

Semua itu kita latih setahap demi setahap yang melahirkan sikap optimis dalam setiap melangkah menuju sebuah olahrohani yang cukup gemilang. 

Oleh sebab itu, orang yang berpuasa mengalami dua kegembiraan, gembira tatkala berbuka dan gembira tatkala bertemu dengan Tuhannya. 

Caranya, Allah Taála menyuruh hambanya untuk beriman dan bertakwa kepada-Nya. 

Untuk mencapai derajat takwa, Allah Ta'ala menganjurkan manusia berpuasa. 

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved