Keberadaan Pengusaha Samin Tan Misterius, KPK Tetapkan Sosoknya Sebagai Buronan

KPK menyatakan, pengusaha tersebut menyuap Eni Saragih sebesar Rp 5 miliar terkait pengurusan izin tambang batubara.

Tribunnews
Bos PT Borneo Lumbung Energi, Samin Tan 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memajang foto pengusaha batubara PT Borneo Lumbung Energi dan Metal, Samin Tan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buronan.

Lelaki yang lahir di Teluk Pinang tahun 1964 tersebut kini tidak diketahui keberadaannya.

Samin Tan menjadi tersangka KPK karena diduga memberi upeti kepada Eni Malauni Saragih selaku Wakil Ketua Komisi VII DPR terkait dengan pengurusan terminasi kontrak PKP2B PT Asmin Koalindo Tuhup (AKT) di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Siapa Samin Tan? Mengutip Kompasiana, Samin pernah mengenyam pendidikan di jurusan Akuntansi, Universitas Tarumanegara pada tahun 1986.

Samin Tan mengawali karirnya sebagai mitra dari KPMG Hanadi Sudjendro pada 1987 hingga 1998. Rekan kemitraan ini berlanjut pada Deloitte Touche tahun 1998-2002.

Dia pernah dinobatkan sebagai 40 pria terkaya di Indonesia versi majalah Forbes tahun 2011. Samin bahkan mengalahkan Sandiaga Uno dan Aburizal Bakrie.

Saat itu jumlah kekayaannya menduduki posisi ke-28 setelah Ciputra.

Sejak tahun 2007, Samin Tan terus mengembangkan sayapnya sebagai pengusaha sukses di bidang pertambangan dan batu bara hingga memiliki perusahaan PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk.

Dia semakin berjaya dengan menduduki posisi Chairman Bumi Plc (London), yakni raksasa pertambangan Indonesia yang tercatat di London Stock Exchange.

Samin memiliki kekayaan sebesar US$ 940 juta. Dengan kekayaannya tersebut, ia dapat membantu permasalahan utang Bakrie.

Halaman
12
Tags
KPK
buronan
Editor: Aminudin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved