Breaking News:

BATAM TERKINI

Kabar Gembira, Akhirnya Tenaga Honorer Pemko Batam Dapat THR 1 Bulan Gaji, Pejabat Eselon II Tidak

Berbeda dengan tahun sebelumnya, perdana tahun 2020 tenaga honorer di Pemko Batam bisa mendapatkan Tunjangan Hari Raya. Besarannya 1 bulan gaji

istimewa/kompas.com
ilustrasi uang Tunjangan Hari Raya (THR) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam akhirnya memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada semua tenaga honorer di Kota Batam. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Abdul Malik.

"Kita ada juga pencairan THR untuk tenaga honorer," ujar Malik, Jumat (15/5/2020).

Diakuinya Pemko Batam menyiapkan anggaran Rp 19 miliar untuk membayar THR honorer ini. THR yang diterima oleh tenaga honorer Pemko Batam ini hanya terdiri atas gaji pokok saja. Sesuai dengan hak yang mereka terima selama bekerja di lingkungan Pemko Batam.

"Honorer memang tidak ada tunjangan, jadi mereka terima senilai 1 bulan gaji pokok," tuturnya.

Sementara itu kapan waktu pencairan tersebut? Malik mengaku akan mengupayakan secepatnya, tergantung kecepatan tim di bagian keuangan menyelesaikan prosesnya. Pasalnya THR untuk tenaga honorer baru baru dianggarkan tahun ini, sebelumnya tidak ada THR untuk mereka.

 DAFTAR 12 Kantor Pos di Batam Layani Penyaluran Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos Berikut Jadwalnya

Terpisah, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menuturkan, Pemko Batam memang menjanjikan untuk mencairkan THR honorer Pemko Batam tahun ini. Rencana tersebut sempat menemui kendala karena fokus pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 ini.

Meskipun demikian, kenyataan yang terjadi Pemko Batam tetap memberikan THR kepada honorer sesuai dengan janji yang disampaikan.

Kabar gembira ini tak hanya dirasakan oleh honorer. Sejatinya Pemko Batam telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 27 miliar untuk memenuhi pembayaran tunjangan hari raya (THR) ASN di lingkungan Pemko Batam.

Malik menyebutkan THR 2020 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana mereka hanya menerima terdiri atas gaji pokok dan tunjangan jabatan saja.

Pada 2019 lalu, komponen THR ASN Pemko Batam terdiri atas gaji pokok, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja (tukin).

Seperti diketahui besaran tukin yang dikeluarkan Pemko Batam untuk ASN sekitar Rp 37 miliar per bulan. Artinya ada penghematan dengan ketiadaan Tukin ini.

"Tahun ini tidak ada tukin, cuma gaji pokok dan tunjangan jabatan saja," kata Malik.

Malik menambahkan tidak semua golongan ASN akan menerima THR tahun ini. Hanya pejabat eselon III, IV dan staf yang akan menerima THR. Sedangkan untuk pejabat eselon II dan setingkat kepala badan tidak akan mendapatkan THR.

"Pejabat eselon mereka tidak dapat THR, hanya gaji dan tunjangan jabatan seperti biasa," katanya.

(tribunbatam.id / Roma Uly Sianturi)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved