Breaking News:

HIKMAH RAMADHAN

Puasa Remote Kontrol Kita 

Kalau kita mau menghayati kandungan yang dibawa ibadah puasa, sungguh luar biasa dalam control kepribadian baik bersifat individual maupun kolektif.

ISTIMEWA
Effendy Asmawi Alhajj 

…”Puasa itu adalah perisai, jangan dirusak ibadah puasa kita dengan dusta & umpatan”..(al-Hadits). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Al-qur’an juga menjelaskan betapa pentingnya control social dalam hidup dan kehidupan, karena kita sadar tanpa control social kehidupan akan berjalan labil dan menuju kepada kehidupan negativism dan nilai-nilai distruktif lainnya.

Allah Ta'ala mengingatkan kita:

”Hendaklah ada sekelompok umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah bertindak mungkar” (QS 3: 104).

Nilai yang amat terasa apabila kita melaksanakan ibadah puasa, khususnya social kepribadian kita, demikian juga dengan teman/qarib kita, kita berusaha untuk tampil sebaik mungkin dalam menegakkan kebaikan dan menebarkan kebajikan.

Tapi di era sekarang, nilai-nilai control terasa lemah, khususnya di kota-kota metropolis, nilai ini berjalan sangat pelan atau bahkan sedikit sekali sebagai ganti kata “tidak ada”. 

Diriwayatkan, tatkala seorang sahabat Nabi sedang berpuasa, kemudian orang itu mengajak berantam, maka Nabi mengingatkan “inni shaim” sungguh aku berpuasa, ini berarti puasa sebagai control dan remot bagi yang mengerti dan menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Silabus puasa mampu memberikan “way of life” dalam memenuhi tuntutan sekaligus tuntunan kehidupan dalam dimensi makro terhadap simpai kehidupan. 

Maka kalau kita mau menghayati kandungan yang dibawa ibadah puasa, sungguh luar biasa dalam control kepribadian baik bersifat individual maupun kolektif makro social.

Pernah dikisahkan terjadi pada bulan Ramadhan, tatkala Umar bin Khattab yang saat itu menjabat sebagai kepala Negara (khalifah) akan berpidato di hadapan para sahabatnya, dengarlah dan patuhilah!

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved