Breaking News:

BATAM TERKINI

Penyaluran BST Buat Pusing Lurah Tanjung Uncang Batam, Satu Keluarga Diduga Dapat 2 Bantuan

Dia mengatakan pihak kelurahan tidak terlibat dalam pendataan dan pencairan BST. Pendataan penerima BST dilakukan oleh TKSK.

TRIBUNBATAM.ID/IAN SITANGGANG
Foto warga saat mencairan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos wilayah Sagulung, Senin (18/5/2020). Penyaluran BST di Kelurahan Tanjung Uncang menuai sorotan sebagian warga. Foto ilustrasi. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pembagian dana Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam, Provinsi Kepri menuai sorotan.

Itu setelah bantuan yang diketahui selesai didistribusikan itu dinilai sebagian warga tidak tepat sasaran, karena ada satu keluarga yang diduga mendapat bantuan.

Ketua Lembaga Sosial Masyarakat GEMPUR, Leo Lesmana mengatakan, dari data yang ia peroleh, ada satu keluarga di Kelurahan Tanjunguncang mendapatkan bantuan BST.

"Ini yang sangat disayangkan. Sementara masih banyak yang membutuhkan bantuan," kata Leo, Rabu (20/5/2020).

Dia menjelaskan tidak seharusnya satu keluarga itu yang bisa dapat satu orang. Pria yang pernah menjebata sebagai Kua RW itu sangat mengerti mengenai kendala dalam proses pendataan tersebut.

"Ini kita tidak tahu siapa yang salah. Kita tidak mau menyalahkan siapapun. Kita hanya meminta agar bantuan yang diberikan pemerintah tepat sasaran, ucapnya.

Lurah Tanjunguncang, Anwaruddin mengatakan pihak kelurahan tidak mengetahui hal tersebut.

Dia mengatakan pihak kelurahan tidak terlibat dalam pendataan dan pencairan BST. Dia menjelaskan pendataan penerima BST tersebut dilakukan oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

"Kalau mengenai bantuan BST kita tidak dilibatkan. Ini yang membuat kami pusing dalam menseleksi penerima sembako dari Pemerintah Kota Batam," kata Anwar.

Ia menjelaskan, biasanya TKSK menunjuk pencacah (Pencatat data dan turun langsung ke masyarakat,red). Data tersebut diserahkan ke Dinas Sosial dan diteruskan ke Kementerian Sosial.

Menko PMK Muhadjir Effendy Datang ke Batam, Tinjau RS Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang

Koordinasi Dinkes Batam, RS Covid-19 Galang Butuh Dokter Anak Tangani Kakak Adik Positif Corona

Halaman
1234
Penulis: Pertanian Sitanggang
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved