Breaking News:

NEW NORMAL DI BATAM

Jelang New Normal, Isdianto Akan Longgarkan Salat Berjamaah di Wilayah Zona Merah dan Kuning Corona

Dalam surat itu, Plt Gubernur Kepri menganjurkan agar pelaksanaan ibadah berjamaah pada zona merah dan zona kuning, agar tetap dilakukan di rumah.

Editor: Septyan Mulia Rohman
ISTIMEWA
TERIMA BANTUAN - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, H Isdianto menerima bantuan satu juta masker dari Temasik Foundation Singapura. Dalam surat edaran yang dikeluarkan Selasa (26/5), pihaknya bakal memberi kelonggaran kepada rumah ibadah untuk melaksanakan ibadah secara berjamaah, khususnya pada wilayah yang bukan berstatus zona hijau Covid-19. 

TRIBUNBATAM.id, KEPRI - Pemerintah Provinsi Kepri memberi kelonggaran kepada rumah ibadah untuk melaksanakan kegiatan keagaaman, meski pada kabupaten/kota yang bukan zona hijau Covid-19

Dalam surat edaran terkait Protokol Pelaksanaan Ibadah di Masjid pada Fase New Normal oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto, Selasa (26/5), pengurus dan jamaah masjid yang tetap berkeinginan untuk melaksanakan salat berjamaah di masjid, diperkenankan dengan syarat pengawasan ketat dari Pemerintah setempat dalam hal penerapan Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 di masjid.

Selain tetap mengedepankan protokol kesehatan, sejumlah aturan pun dibuat untuk mencegah bertambahnya kasus positif virus Corona baru di Provinsi Kepri.

Beberapa hal tersebut di antaranya mengajurkan untuk menggunakan ayat-ayat pendek, mempersingkat pelaksanaan khutbah, termasuk memprioritaskan jemaah bagi warga setempat sekitar masjid atau jamaah tetap masjid.

Dalam surat tersebut, Plt Gubernur Kepri menganjurkan agar pelaksanaan ibadah secara berjamaah pada zona merah dan zona kuning, untuk salat berjamaah di rumah.

Surat edaran ini dikeluarkan dalam rangka persiapan pelaksanaan adaptasi perubahan pola hidup pada situasi COVID-19 (New Normal) di Provinsi Kepulauan Riau, serta memperhatikan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaran Ibadah di saat Wabah Pandemi Covid-19.

Beberapa poin penting dalam surat edaran tersebut, di antaranya:

*). Berdasarkan Fatwa MUI dimaksud menyatakan setiap orang wajib melakukan ikhtiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang dapat menyebabkan terpapar penyakit, karena merupakan bagian dari menjaga tujuan pokok beragama (al-Dharuriyat al-Khams).

*). Sehubungan hal tersebut, pelaksanaan ibadah di masjid boleh dilaksanakan hanya pada wilayah dengan status zona hijau.

*). Berdasarkan peta status wilayah penyebaran Covid-19 pada 282 kab/kota se-Indonesia yang diperoleh dari situs Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 22 Mei 2020, sebagai berikut:

Anggota Polsek Tanjungpinang Timur Ringkus Pelaku Curat di Tanjungpinang

Warga Desa Tiangau Cek Suhu Tubuh Setiap Pengunjung, Jaga Zona Hijau Virus Corona di Anambas

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved