Ternyata Grup WhatsApp Banyak Makan Memori, Ini Cara Membersihkannya

Tips untuk membersih dan membuat memori internal ponsel menjadi lebih lega.

NDTV
Ilustrasi Aplikasi WhatsApp 

TRIBUNBATAM.id - Pada pernah ngalamin nggak, merasa nggak ada yang nge-chat tapi pas dicek memori internal ponsel kalian sebagian besar ruangnya ternyata dipenuhi data-data dari aplikasi WhatsApp?

Kalau iya jangan panik, bisa jadi itu karena grup WhatsApp.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas Tekno, besarnya ruang memori yang termakan ini terjadi karena di dalam grup WhatsApp, pesan yang dikirim oleh seluruh anggota mau nggak mau akan masuk dan tertimbun ke dalam ponsel pengguna.

Belum lagi, kebanyakan anggota grup WhatsApp seringkali mengirim jenis pesan multimedia, di antaranya stiker, dokumen, GIF, foto, maupun video yang tentu saja memiliki ukuran lebih besar apabila dibandingkan dengan pesan teks.

Dalam Waktu Dekat Whatsapp Bakal Punya Fitur Baru, Yuk Simak Apa Aja

WhatsApp Beta Sudah Bisa Video Call Sampai 50 Orang, Begini Caranya

Mengingat besarnya ruang memori yang terbuang sia-sia karena grup WhatsApp tapi jarang orang menyadarinya, kali ini HAI pengen sedikit berbagi tips nih untuk membersihkannya dan membuat memori internal ponsel menjadi lebih lega.

Baik untuk pengguna Android maupun iOS, masuk ke pilihan menu Settings yang berada dalam aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk di bagian Storage usage pada Data and storage usage

Cocok untuk Whatsapp, Inilah Kata Bijak Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020

TIPS WHATSAPP - Cara Tambahkan Kontak WA Pakai Fitur Kode QR

Cara bersihkan data grup WhatsApp
Kompas.com
Cara bersihkan data grup WhatsApp

Setelah dipilih, maka nantinya pengguna akan menemukan daftar besarnya memori yang dipotong untuk masing-masing jendela chat, entah itu personal maupun grup, dengan urutan dari ukuran paling besar ke kecil.

Apabila sudah terlihat, pengguna tinggal mengecek di masing-masing chat terkait bentuk file apa yang paling besar, sebelum akhirnya memilih jenis data yang akan dihapus untuk membuat memori internal ponsel menjadi lebih lega.

Cara bersihkan data grup WhatsApp
Kompas.com Cara bersihkan data grup WhatsApp

Gimana, nggak susah kan sob? Udah, buruan langsung dicek dan dihapus tuh file-file yang memenuhi memori internal ponselmu. 

Cara Menambahkan Fitur 

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved