Prajurit Berkaki Satu Ini Selalu Dicari-cari Soeharto, Terkenal Garang Hadapi Musuh Meski Disiksa

Sang prajurit tetap berada di medan pertempuran hingga ditangkap dan ditawan musuh

IST via TribunJambi
Agus Hernoto, Prajurit Kopassus Berkaki Satu 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Terkisahlah nama prajurit TNI berkaki satu yang namanya cukup melegenda dalam cerita-cerita militer Indonesia.

Ada cerita unik diungkapkan Sintong Panjaitan, mantan Danjen Kopassus terkait sosok sang prajurit berkaki satu ini. Hal itu diungkap eks Danjen Kopassus itu dalam buku 'Sintong Panjaitan: Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando' (Kompas Gramedia Nusantara)

Menjelang akhir 1975, kata Sintong, sang prajurit sering tampak mengemudikan Jeep Willis terbuka seorang diri di Atambua, Ibu Kota Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. 

Ia menjenguk para korban pertempuran yang dirawat di rumah sakit di pinggir kota Atambua. Salah satunya ia mnjenguk seorang prajurit yang diamputasi kakinya. 

Sang prajurit itu tampak sedih dan murung. Ia lantas membesarkan hati prajurit yang diamputasi kakinya tersebutGramedia  dengan mengatakan bahwa ia bukan satu-satunya yang kehilagan kaki.

"Ia mengulang celana panjang, melepas kedua kaki palsu yang tertutup celana panjang, kemudian menunjukan kedua belah kakinya yang juga telah diamputasi,"kata Sintong Panjaitan seperti dikutip dalam 'Sintong Panjaitan: Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando'. 

Lantas, siapa sosok yang dijuluki prajurit berkaki satu tersebut? Ya, dia adalah Agus Hernoto.

Selalu Dicari Soeharto 

Soeharto selalu mencari keberadaan Agus Hernoto. 

Saat memimpin Operasi Benteng I kakinya tertembak tentara Belanda.

Halaman
1234
Penulis: Aminudin
Editor: Aminudin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved