Breaking News:

BATAM TERKINI

TAHUN Ini Jemaah Haji Batam Tak Berangkat, Uang Pelunasan ONH Boleh Diambil Lagi, Ini Syaratnya

Calon jemaah yang mengambil kembali uang pelunasan, maupun yang tidak, tetap sama-sama akan diprioritaskan pada kloter haji tahun depan

Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
TRIBUNTIMUR.COM/ISTIMEWA
ilustrasi, umat Muslim dari seluruh dunia sedang menjalankan ibadah haji 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam telah membuka pelayanan untuk mengambil kembali uang pelunasan calon jemaah haji yang tidak bisa berangkat tahun ini.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Zulkarnain mengatakan, calon jamaah haji dapat langsung mengurus surat permohonan pengambilan uang pelunasan di Kantor Kemenag.

Surat permohonan ini turut dilampirkan juga dengan bukti pelunasannya.

"Kalau jamaah haji ingin dikembalikan, kita akan kembalikan, dengan syarat melampirkan surat permohonan dan bukti pelunasan," ujar Zulkarnain ditemui di Dataran Engku Putri, Batam Center, Kamis (11/6/2020).

Pengurusan surat permohonan di Kantor Kemenag akan selesai hingga 9 hari kerja.

Sebab, dari permohonan yang diserahkan di Kemenag tersebut, akan seterusnya disampaikan kepada pusat, yakni BPAH.

Saat ini, calon jemaah haji Kota Batam yang telah melunasi pembayaran ada sekitar 627 jemaah.

PPDB hingga Retribusi Parkir, Simak Deretan Rekomendasi DPRD Batam Terkait Hasil LKPJ Walikota

Namun pengambilan kembali uang pelunasan tersebut keputusannya diserahkan pada masing-masing calon jemaah.

Menurut Zulkarnain, calon jemaah yang mengambil kembali uang pelunasan, maupun yang tidak, tetap sama-sama akan diprioritaskan pada kloter haji tahun depan.

"Calon jemaah haji yang mengambil atau tidak mengambil uang pelunasan, tetap jadi prioritas tahun depan," tambah Zulkarnain.

Bedanya, calon jamaah yang tidak mengambil uang pelunasan saat ini akan mendapat nilai manfaat sebesar Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu.

Adapun uang pelunasan yang bisa diberikan kembali dari Kemenag ialah sekitar Rp 8 juta.

Apabila di tahun selanjutnya, calon jemaah haji yang saat ini mengambil kembali uang pelunasan, berpeluang diberangkatkan kembali, maka tahun depan wajib melunasi lagi pembayaran terdahulu.

Sosialisasi terkait hal ini sudah disampaikan oleh Kemenag kepada seluruh KUA di Kota Batam, yang akan meneruskan pada para calon jemaah haji, sesuai dengan aturan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020.

"Perlu saya tambahkan, untuk paspor juga sudah bisa diambil di kantor Kemenag, sejak sabtu lalu," tambah Zulkarnain. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved