Breaking News:

VIRUS CORONA DI KEPRI

Pemuda Katolik Kepri Bekerja Sama dengan Kemensos Salurkan Paket Sembako ke Warga Terdampak Corona

Gelombang pertama distribusi sembako oleh Pemuda Katolik Kepri untuk keluarga terdampak Covid dimulai awal April 2020

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Foto bersama Pemuda Katolik Kepri dengan masyarakat. Pemuda Katolik Kepri bekerja sama dengan Kementerian Sosial mendistribusikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19 di Kepri 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sejak kasus Covid-19 mulai naik di berbagai daerah di Indonesia, Pimpinan Pusat Ormas Katolik Nasional Pemuda Katolik, langsung membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid di setiap provinsi.

Ketua Umum Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa menginstruksikan program nasional Angkat Satu Saudara.

Sebuah gerakan gotong-royong membantu masyarakat yang terdampak langsung akibat tidak bisa lagi bekerja, tanpa membedakan suku maupun agama.

Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Kepulauan Riau merespon cepat dengan membentuk Satuan Tugas sejak akhir Maret 2020 silam. Cosmas Eko Suharyanto sebagai Ketua Bidang Tanggap Darurat dan Kebencanaan Pemuda Katolik Komda Kepri ditunjuk untuk memimpin Satgas Covid Komda Kepri.

Semenjak dibentuk, Satgas telah bekerja gotong-royong bersama seluruh kader Pemuda Katolik di semua Cabang di Kepri untuk terjun langsung membantu masyarakat.

 LENGKAPI Syarat Naik Pesawat Terbang, Sejak Pagi Warga Datangi Klinik Husadatama Jalani Rapid Test 

Gelombang pertama distribusi sembako kepada keluarga-keluarga terdampak Covid dimulai awal April 2020 hampir merata di semua Kecamatan di Kepri. Tidak hanya kebutuhan sembako, Satgas Covid di Tanjungbalai Karimun juga membagikan ribuan masker dan hand sanitizer untuk masyarakat Kabupatan Karimun.

Bantuan Alat Pelindung Diri (APD) juga menjadi perhatian, dengan bekerjasama pelaku usaha UMKM Rumah Nagi, Satgas Covid Komda Kepri juga mendistribusikan APD Face Shield ke beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas.

Dengan semakin panjangnya masa Stay at Home, dampak ekonomi semakin terasa bagi para buruh harian, maka distribusi sembako gelombang ke dua fokus pada masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan buruh harian yang tidak dapat lagi mendapat pemasukan.

Namun, karena stok sembako semakin terbatas, Kemensos melalui Gugus Tugas Covid PP Pemuda Katolik membuka kerjasama distribusi paket sembako.

Bantuan paket sembako dari Kementerian Sosial kembali didistribusikan pada awal Juni 2020 dengan target merata di seluruh kecamatan yang ada di Kepri minus kecamatan yang berada di Zona Hijau.

Masyarakat merasa terbantu, mereka yang sudah didata oleh kader-kader Pemuda Katolik mendatangi posko-posko sembako yang telah dibentuk.

Johanes SM Sitohang, Ketua Pemuda Katolik Komda Kepri mengapresiasi Kemensos yang mempercayakan Pemuda Katolik, khususnya di Kepulauan Riau dalam gotong-royong bersama-sama membantu masyarakat yang terdampak. (*)

Penulis: Leo Halawa
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved