Breaking News:

Bawaslu Bintan Ingatkan Larangan Geser Pejabat Jelang Pilkada

Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bintan mengingatkan aturan pelantikan pejabat di lingkup Pemkab Bintan.

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Agus Tri Harsanto
TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata 

TRIBUNBATAM.id, BINTAN - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bintan mengingatkan aturan pelantikan pejabat di lingkup Pemkab Bintan.

Ketua Bawaslu Bintan,Febriadinata menyampaikan, bahwa terkait dengan pelantikan pejabat ada aturan yang harus diperhatikan.

Bupati dilarang melakukan pergantian pejabat 6 bulan sebelum penetapan pasangan calon sampai dengan berakhirnya masa jabatan yang bersangkutan.

“Kecuali mendapatkan izin dari dari Mentri Dalam Negeri,”ucapnya, Minggu (05/7/2020).

Febriadinata juga menjelaskan,saat ini untuk penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak nanti mundur di tanggal 23 September 2020.

VIral Video Penggerebekan Perselingkuhan di Kamar Hotel, Pelakor Ternyata Sedang Hamil 2 Bulan

“Nah kita tarik mundur ke belakang enam bulan itu tidak boleh. Kalau yang lalu itukan dari mulai bulan Januari, kalau sekarang ditarik mundur. Jadi kurang lebih sama dari awal kemarin sampai saat ini tidak boleh dilakukan penggantian pejabat sebelum mendapatkan izin dari mentri dalam negeri,” tuturnya.

Lanjutnya,terkecuali dalam mengisi jabatan yang kosong, akibat misalnya jabatan kosong karena jabatan sebelumnya pensiun atau meninggal dunia itu dapat di isi tanpa mekanisme izin dari mentri dalam negeri.

“Tapi hanya PLT saja, tapi untuk pejabat definitif dia harus mendapatkan izin dari mentri dalam negeri dan ini sudah prosedurnya,” terangnya.

Febriadinata juga berharap, jika ada pelantikan pejabat di lingkup Pemkab Bintan yang diizinkan Mendagri, tetap berkoordinasi dengan Bawaslu Bintan.

“Kami berharap juga ada kordinasi terkait dengan penggantian pejabat jika ingin dilakukan Pemkab Bintan. Sebab ini juga jadi bahan pengawasan yang kami lakukan,” ungkapnya.(als)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved