Trending Twitter, Presiden Erdogan Resmikan Hagia Sophia Jadi Masjid, Yunani dan Amerika Protes

Hagia Sophia kini sudah disahkan oleh Presiden Erdogan sebagai masjid, namun keputusan dari Erdogan tau protes dari beberapa kelompok.

usnews.com
Hagia Sophia di Istanbul, Turki kini sudah disahkan menjadi masjid, tak lagi museum. 

TRIBUNBATAM.ID - Hagia Sophia jadi trending Twitter hari ini, Sabtu (11/7).

Berdasarkan pantuan dari Tribunbatam.id, Hagia Sophia ternyata sebuah bangunan bekas basilika, masjid, lalu pernah menjadi sebuah musem di Istanbul, Republik Turki.

Namun Hagia Sophia kembali diperbincangan karena kini sudah disahkan menjadi masjid kembali.

Autisme Tidak Dapat Disembuhkan, Simak Penyebab dan Gejalanya, Bisa Dibantu Terapi

Hal ini karena Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan telah secara resmi mengubah Hagia Sophia menjadi masjid.

Namun pengumuman dari Presiden Erdogan ada yang menyambutnya dengan melakukan aksi protes.

Dailymail.co.uk memberitakan, langkah Erdogan itu dilakukan beberapa jam setelah pengadilan administratif tertinggi Turki mengeluarkan keputusan penting yang dengan suara bulat membatalkan keputusan kabinet 1934 untuk merenovasi situs menjadi museum.

Itu berarti lampu hijau diberikan kepada Erdogan untuk memulihkan status situs Warisan Dunia UNESCO itu sebagai masjid.

Sejak itu Erdogan menyatakan Hagia Sophia terbuka untuk ibadah umat Islam.

Dalam beberapa jam dia menandatangani dekrit yang menyerahkannya kepada Kepresidenan Urusan Agama Turki meskipun ada kritik internasional yang luas, termasuk dari Amerika Serikat dan para pemimpin Kristen Ortodoks.

Hagia Sophia saat difoto pada 28 Juni 2020. Pada 10 Juli 2020,  pengadilan tinggi Turki mencabut status Hagia Sophia sebagai museum, yang membuka jalan untuk dikembalikan ke masjid. Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi negara itu  pada 2 Juli memperdebatkan kasus yang dibawa oleh LSM Turki, membatalkan keputusan kabinet 1934 dan memerintah situs Warisan Dunia UNESCO itu  dibuka kembali untuk beribadah Muslim. Hagia Sophia menjadi museum sejak 1935. Sebelumnya, museum ini adalah sebuah gereja.
Hagia Sophia saat difoto pada 28 Juni 2020. Pada 10 Juli 2020, pengadilan tinggi Turki mencabut status Hagia Sophia sebagai museum, yang membuka jalan untuk dikembalikan ke masjid. Dewan Negara, pengadilan administratif tertinggi negara itu pada 2 Juli memperdebatkan kasus yang dibawa oleh LSM Turki, membatalkan keputusan kabinet 1934 dan memerintah situs Warisan Dunia UNESCO itu dibuka kembali untuk beribadah Muslim. Hagia Sophia menjadi museum sejak 1935. Sebelumnya, museum ini adalah sebuah gereja. (Ozan KOSE / AFP)

Erdogan, seorang Muslim yang taat, dijadwalkan untuk menyampaikan pidato hari ini dan sering menggunakan masalah Hagia Sophia, untuk mendapatkan dukungan untuk partainya.

Halaman
1234
Editor: Mona Andriani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved