Breaking News:

IDUL ADHA 2020

Hari Ini Rerata Masjid di Kecamatan Siantan Anambas Sembelih Hewan Kurban

Jumlah hewan kurban di Masjid Jami' Baiturrahim Anambas stabil selama 4 tahun perayaan Iduladha. Yakni sebanyak 18 ekor sapi, malah tambah 1 kambing

TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Masyarakat, umumnya anak-anak di Kecamatan Siantan Anambas sedang melihat sapi yang akan dikurbankan pada Sabtu (1/8/2020) 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Sejumlah pengurus masjid di Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas menyembelih hewan kurban pada Sabtu (1/8/2020). Dari informasi yang dihimpun Tribunbatam.id, jumlah hewan kurban di Masjid Jami' Baiturrahim Anambas stabil selama 4 tahun perayaan Iduladha.

Ketua Panitia pelaksanaan hewan kurban di Masjid Jami' Baiturrahim, Nofrizal menyebutkan selama 4 tahun berturut-turut jumlah hewan kurban di tempatnya tetap di angka 18 ekor sapi.

"Kita tahun ini ada 18 ekor sapi, cuma ada penambahan 1 ekor kambing. Selama 4 tahun jumlah hewan kurban tetap sama seperti tahun lalu," ucap Nofrizal kepada tribunbatam.id, Sabtu.

Adapun peserta kurban tahun ini di Masjid Jami'Baiturrahim berjumlah 126 orang.

Sementara itu untuk pembagian daging kurban akan dibagikan ke 626 Kepala Keluarga (KK). Apabila melihat dari jumlah hewan kurban yang disembelih, total keseluruhan yang bisa dibagikan dari 18 ekor sapi ini sekitar 900 KK.

Hendak Diamankan, Rentenir dan Debt Collector Gertak Polisi Pakai Nama Mantan Pejabat Polda Kepri

Akhirnya Pasha Ungu Gunduli Rambutnya, Sempat Ditegur Tito Karnavian Soal Etika Pejabat

"Untuk desa yang kekurangan daging kurban kita juga sudah siapkan. Kita dapat laporan di Desa Tiangau ada kekurangan itu sekitar 25, kemudian pesantren juga minta bantu, kita bantu bagikan nanti," tuturnya.

Pantauan tribunbatam.id di lokasi, banyak anak-anak serta masyarakat yang menyaksikan pemotongan hewan kurban. Adapun anjuran protokol kesehatan selama pandemi Covid-19, tidak terlalu diperhatikan oleh masyarakat yang datang ke lokasi.

Seperti penggunaan masker, dan menjaga jarak. Sebelumnya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Anambas, Erizal Abdullah mengimbau para penyembelih hewan kurban menggunakan sepatu boot.

Namun saat dilihat langsung tidak ada panitia yang menggunakan sepatu boot.

Hewan kurban yang sudah disembelih itu langsung digeret menuju lokasi pemotongan, kemudian panitia memotong dagingnya menjadi beberapa bagian.

"Daging ini kita siapkan untuk masyarakat per KK itu 1 kilogram, sedangkan untuk peserta kurban juga kita berikan nanti, dan mereka dapat 2 kilogram. Untuk peserta kita pakai boks nanti tempatnya," ujarnya.

Sementara itu, di salah satu masjid di jalan Raden Saleh yakni Masjid Al-Istiqomah tahun ini menerima hewan kurban sebanyak 11 ekor sapi. Di tahun sebelumnya, ada 16 ekor sapi yang disembelih.

"Iya tahun lalu kita dapat 16 ekor, cuma tahun ini menurun jadi 11 ekor saja," kata Ketua Panitia Hewan Kurban di Masjid Al-Istiqomah, Ali Yunus.

Pihaknya akan membagikan daging kurban ke 585 KK. Satu KK nantinya akan mendapat 8 hingga 9 ons daging, sedangkan untuk peserta kurban akan mendapatkan 1,5 kilogram daging kurban.

(Tribunbatam.id/Rahma Tika)

Penulis: Rahma Tika
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved