Breaking News:

GEMPA TERKINI

GEMPA HARI INI Gempa 4.8 SR Guncang Bengkulu, Minggu, Tak Berpotensi Tsunami, Simak Info BMKG

Gempa Bumi yang terjadi Minggu (2/8/2020) pukul 11:35:04 WIB di wilayah Bengkulu Selatan, Bengkulu dan sekitarnya adalah gempabumi Tektonik

twitter/infobmkg
Pusat Gempa 4.8 di Bengkulu Selatan, Minggu, 2 Agustus 2020 

TRIBUNBATAM.id, BENGKULU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) merilis gempa terbaru yang terjadi di Bengkulu Selatan, Bengkulu, Minggu (2/8/2020) sore.

Gempa berkekuatan 4.8 skala Richter terjadi di Bengkulu Selatan Minggu (2/8/2020) pukul 11.35 WIB.

Dikutip dari penjelasan BMKG di akun media sosialnya di INstagram, Gempa Bumi yang terjadi  Minggu (2/8/2020) pukul 11:35:04 WIB di wilayah Bengkulu Selatan, Bengkulu dan sekitarnya adalah gempabumi Tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 4.8.

Kompetisi Liga 3 Segera Dimulai, Askot PSSI Batam Antusias, PS Batam Akan Tampilkan yang Terbaik

Jadwal MotoGP Ceko, Marc Marquez Tidak Janji Bisa Balapan 100 Persen: Tapi, Saya Tak Akan Menyerah

Siap-siap, Liga 3 Kepri 2020 Segera Digelar, Asprov PSSI Kepri: Tinggal Menunggu Juknis

Episenter terletak pada koordinat 4.63 LS dan 102.74 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 27 km Barat Daya Bnegkulu Selatan - Bengkulu pada kedalaman 32 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho, ST, M.Si dalam penjelasan itu menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Pesisir Barat pulau Sumatera dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kepahiang dengan Skala Intensitas I - II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ), Kota Bengkulu dan Bengkulu Selatan dengan Skala Intensitas III - IV MMI ( *Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi* ).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Hingga pukul 12:13 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kataKepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho, ST, M.Si dalam postingan Info BMKG di instagram.

Halaman
1234
Penulis: nandrson
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved