Breaking News:

Bantu Warga di Korea Utara, Palang Merah Internasional Putuskan Melatih 43.000 Relawan

Palang Merah telah melatih 43.000 relawan Korea Utara untuk membantu masyarakat Kaesong yang tengah lockdown karena pandemi Covid-19. Simak detailnya.

KCNA
Kim Jong Un dan Ri Sol Ju - Palang Merah Internasional latih 43.000 relawan untuk bantu warga di Korea Utara. 

Editor: Putri Larasati Anggiawan

TRIBUNBATAM.id, PYONGYANGKorea Utara memberlakukan lockdown di kota Kaesong karena telah melaporkan kasus virus Corona atau Covid-19 untuk pertama kalinya.

Menanggapi ini, Palang Merah telah melatih 43.000 relawan Korea Utara untuk membantu masyarakat Kaesong.

Seperti dikutip Sydney Morning Herald pada Senin (10/8/2020), Para relawan juga dilatih untuk membantu menyediakan makanan.

Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un bulan lalu mengumumkan darurat negaranya dan menerapkan batasan lockdown di Kaesong dekat perbatasan antar-Korea, setelah seorang pria pembelot yang melarikan diri ke Korsel pada 2017 kembali ke negara asalnya, Korea Utara dengan mengalami gejala infeksi virus Corona.

Hujan lebat dan banjir dalam beberapa hari terakhir juga memicu kekhawatiran tentang kerusakan di negara tertutup itu.

Palang Merah Federasi Internasional dan Komunitas Bulan Sabit Merah (IFRC) telah membangun jaringan intensif kepada relawan Korea Utara agar bisa membantu warga di 9 provinsi untuk menghindari virus dan mengurangi kerusakan yang disebabkan banjir serta longsor, ungkap Juru bicara Antony Balmain.

Korea Utara Kembali Beri Peringatan Perang Nuklir ke Amerika Serikat, Ada Apa?

"Ratusan rumah telah rusak, area-area persawahan yang luas telah tenggelam karena banjir akibat hujan lebat dan banjir bandang," ujar Balmain.

Di Kaesong, yang tertimpa banjir serta lockdown, relawan IFRC menyediakan bantuan bagi 2.100 keluarga paling terdampak dengan beberapa kebutuhan yang diperlukan seperti terpal, alat dapur, peralatan kebersihan, selimut dan wadah air.

"Para keluarga didukung dengan pertolongan pertama psikologis dan kegiatan penyadaran untuk menjaga agar kebersihan dan kesehatan tetap terjaga," imbuh Balmain.

Halaman
1234
Editor: Putri Larasati Anggiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved