Breaking News:

Intip Besaran Gaji Pegawai KPK, Bakal Berubah Saat Statusnya Jadi PNS? Begini Ternyata Rupanya

Besaran gaji pegawai KPK bahkan disebut-sebut pernah membuat iri lembaga negara lainnya, karena gaji mereka sebenarnya lebih kecil.

TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan . KPK menghentikan 36 berkas perkara karena tidak memiliki bukti awal yang cukup. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM -  Sudah menjadi rahasia umum jika gaji pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang lebih besar dari PNS atau ASN, karena mereka memiliki tugas khusus untuk memberantas korupsi.

Besaran gaji pegawai KPK bahkan disebut-sebut pernah membuat iri lembaga negara lainnya, karena gaji mereka sebenarnya lebih kecil.

Namun belakangan bahwa, negara akan menjadikan pegawai KPK menjadi ASN.

Namun, menanggapi hal ini, staf Khusus Presiden bidang Hukum Dini Purwono seperti dilansir dari kompas.com, bahwa peralihan status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN) tak akan berpengaruh pada penghasilan atau besaran gaji pegawai KPK.

Dini juga menjamin bahwa besaran gaji pegawai KPK tetap dan tidak akan ada perubahan.

"Penghasilan pegawai KPK yang telah beralih menjadi pegawai ASN tidak akan mengalami penurunan," kata Dini dalam keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Hal ini dijelaskan Dini, bahwa besaran gaji pegawai KPK, sudah atur sebagaimana sudah tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai KPK Menjadi ASN. Pasal 9 ayat (1) berbunyi,

Bahwa:

"Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang sudah menjadi pegawai ASN diberikan gaji dan tunjangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan".

Kemudian diatur pula dalam Pasal 9 ayat (2) menyatakan:

"Dalam hal terjadi penurunan penghasilan, kepada pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi selain gaji dan tunjangan juga dapat diberikan tunjangan khusus yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden".

Halaman
1234
Editor: Aminudin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved