Breaking News:

Bukannya Malah Membunuh Bakteri, Penggunaan Hand Sanitizer Berlebihan Justru Berbahaya, Kenapa?

Penggunaan Hand Sanitizer yang berlebihan ternyata tidak baik, hal sesuai dengan ungkapan dari seorang ahli.

kompas.com
Pemakaian hand sanitizer terlalu berlebihan justru tidak baik untuk kulit. 

Editor: Mona Andriani

TRIBUNBATAM.ID,BATAM - Saat pandemi corona seperti sekarang, hand sanitizer sudah seperti kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan.

Bahkan saat ini diberbagai tempat mulai menyediakan hand sanitizer bagi para pengunjung atau tamu.

Namun perlu diperhatikan dalam penggunaan hand sanitizer itu sendiri, karena pemakaian yang terlalu berlebihan justru tidak baik, kenapa?

Kisah Iptu Raisa, Ikut Jejak Sang Ayah Jadi Polisi hingga Terkenang Tugas Pertama di Kuta Bali

Menurut seorang ahli, penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering bisa mengembangkan bakteri di kulit yang cukup kebal.

Melansir dari Mirror, Dr. Andrew Kemp, kepala Dewan Penasihat Ilmiah di Institut Ilmu Kebersihan Inggris menyatakan cara terbaik untuk membersihkan tangan adalah cuci dengan sabun dan air mengalir.

Gel tangan tersebut dinyatakan bisa menumbuhkan bakteri dan virus lain di tangan kita dan memberikan efek kekebalan terhadap alkohol.

“Gel tangan sebaiknya hanya digunakan sebagai upaya terakhir dan sebagai tindakan sementara jangka pendek atau jika sabun dan air tidak tersedia,” jelasnya.

"Saat ini tidak ada bukti yang dipublikasikan bahwa gel alkohol membunuh Covid-19 itu sendiri." tambahnya.

"Bahkan jika mereka membunuh 99,9 persen dari semua bakteri, mungkin ada lebih dari satu juta bakteri di tangan Anda pada satu waktu meninggalkan 10.000 bakteri hidup setelah sanitasi dengan gel tangan." jelasnya lagi.

 "Penelitian terbaru menunjukkan serangga yang masih hidup yang tidak terbunuh oleh gel alkohol adalah patogen yang sangat berbahaya dan dapat meningkat jumlahnya.
Halaman
12
Editor: Mona Andriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved