Breaking News:

Hari Ini (11/9) Dalam Sejarah, Mengenang Tragedi World Trade Center (WTC), Tewaskan 2.753 Orang

Hari ini, merupakan hari bersejarah yang bertepatan dengan peringatan tragedi World Trade Center (WTC) 11 September. Berikut ini sejarahnya.

Penulis: | Editor:
KOMPAS.com
Pembajak pesawat membunuh hampir 3.000 orang selama serangan terkoordinasi pada 11 September 2001. Serangan itu antara lain menarget menara kembar World Trade Center (WTC) di New York City, AS. 

Editor: Putri Larasati Anggiawan

TRIBUNBATAM.id, NEW YORK - Hari ini, Jumat (11/9/2020) merupakan hari bersejarah yang bertepatan dengan peringatan tragedi World Trade Center ( WTC) 11 September.

Berawal dari Pesawat American Airlines Flight 11 dan United Airlines Flight 175 yang dibajak untuk sengaja menabrak menara utara dan selatan WTC.

Sembilan belas orang diketahui membajak empat pesawat komersial AS bermuatan bahan bakar menuju tujuan pantai barat.

Sebanyak lebih dari 2.977 orang dikabarkan tewas di New York City, Washington, DC dan di luar Shanksville, Pennsylvania.

Serangan itu diatur oleh pemimpin al Qaeda Osama bin Laden.

Sementara itu, berdasarkan situs WTC di Lower Manhattan, 2.753 orang tewas akibat tragedi ini.

Amerika Desak Negara Asean Putuskan Kerja Sama Dengan China, Jangan Sampai Diinjak-injak Komunis

Dari mereka yang tewas selama serangan awal dan runtuhnya menara berikutnya, 343 adalah petugas pemadam kebakaran Kota New York, 23 adalah petugas polisi Kota New York dan 37 adalah petugas di Otoritas Pelabuhan.

Para korban berusia antara dua hingga 85 tahun.

Sekitar 75-80% korban adalah laki-laki.

Di Pentagon di Washington, 184 orang tewas ketika American Airlines Flight 77 yang dibajak menabrak gedung.

Di dekat Shanksville, Pennsylvania, 40 penumpang dan awak pesawat United Airlines Flight 93 tewas ketika pesawat itu menabrak sebuah lapangan.

Diyakini bahwa para pembajak menabrakkan pesawat di lokasi itu, bukan target mereka yang tidak diketahui, setelah penumpang dan awak berusaha untuk merebut kembali kendali dek penerbangan.

Per Oktober 2019, 1.645 (60%) dari 2.753 jenazah korban WTC telah diidentifikasi secara positif, menurut kantor pemeriksa medis.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved