Breaking News:

TUTORIAL

Cara Blokir Panggilan Spam di Hape Android dan iPhone

Untuk menghindari panggilan seperti itu terjadi kembali, berikut cara menghentikan panggilan spam di iPhone dan Android:

via info komputer
Ilustrasi panggilan scam 

TRIBUNBATAM.id - Sudah tidak terhitung pengguna yang menjadi korban panggilan spam. Panggilan spam tersebut bisa hanya berisi omong kosong belaka, tetapi terkadang pelaku juga mengancam pengguna.

Pelaku terkadang menutupi panggilan spam dengan nomor telepon lokal sehingga terlihat asli. Diperkirakan jumlah panggilan spam pada 2019 mencapai lebih dari 50 miliar seperti dikutip The Verge.

Untuk menghindari panggilan seperti itu terjadi kembali, berikut cara menghentikan panggilan spam di iPhone dan Android:

1. Blokir nomor satu per satu

Ini mungkin usaha yang menyulitkan, tetapi jika ada nomor tertentu yang terus-menerus menelepon maka Anda harus memblokir nomor tersebut selamanya. Di iOS, Anda dapat memblokir nomor dengan membuka Phone > Recents > klik ikon informasi biru di sebelah kanan nomor yang ingin diblokir dan pilih opsi Block this Caller.

Bagi pengguna Android, prosesnya tidak jauh berbeda. Buka bagian Recents di aplikasi Phone, tekan lama pada nomor yang menganggu, dan pilih Blok/report spam.

2. Percayakan pada operator

Sebagian besar operator jaringan telah mengambil langkah sebagai penghalang antara pengguna dan penelepon yang menganggu ini. Penyedia jaringan tentu memverifikasi apakah panggilan tersebut sah atau mencurigakan. Meski begitu, pada kenyataannya panggilan spam dapat datang dari seluruh dunia dan mudah bagi penelepon untuk meniru nomor lokal.

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

 Ada sejumlah layanan seperti Nomorobo, RoboKiller, dan Hiya yang dirancang untuk mencegah panggilan spam masuk ke ponsel. Sebagian besar layanan memerlukan langganan bulanan atau tahunan.

Pada intinya, layanan ini mengandalkan daftar pemanggil robot, pengirim spam, dan penipu yang terus diperbarui, dan menggunakan database tersebut untuk menghentikan panggilan spam. Layanan dari pihak ketiga tersebut tersedia baik di Google Play Store ataupun App Store.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved