Breaking News:

VIRUS COORNA DI TANJUNGPINANG

Pentingnya PHBS di Masa New Normal, Dosen Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang Beri Tipsnya

PHBS telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2266/Menkes/Per/XI/2011, tentang Pedoman Pembinaan PHBS.

TribunBatam.id/Istimewa
PHBS DI MASA NEW NORMAL - Dosen Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, Indra Martias. Pihaknya mengungkap sekaligus memberi tips pentingnya menerapkan PHBS di masa new normal. 

Editor: Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi hal penting terlebih pada masa pandemi Covid-19.

PHBS merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat.

Perilaku hidup bersih sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi.

PHBS telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2266/Menkes/Per/XI/2011, tentang Pedoman Pembinaan PHBS.

Kebijakan PHBS telah diatur oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

Dosen Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, Indra Martias mengatakan, manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

“Semua orang baik dalam keadaan sehat atau menderita gejala Covid-19 perlu melakukan PHBS, isolasi diri di rumah dan social distancing untuk mencegah penularan Covid-19.

Menutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau lipatan siku tangan bila batuk atau bersin serta membuang tisu tersebut ke tempat sampah dan menggunakan masker bersih dan terstandar bila batuk agar droplet tidak menyebar.

Tangan harus dicuci dengan air mengalir dan menggunakan sabun atau pembersih tangan berbasis alkohol untuk memutus kontak dengan droplet yang menempel di permukaan benda.

Halaman
1234
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved