Breaking News:

PILKADA KEPRI

Pilkada Kepri, Soerya Respationo Dapat Dukungan Uang Koin dari Masyarakat Nias di Kepri

Sejumlah masyarakat Nias di Kepri mendatangi kediaman calon Gubernur Kepri, Soerya Respationo. Mereka mendukung Soerya maju di Pilkada Kepri

Penulis: | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/LEO HALAWA
PERTEMUAN - Suasana pertemuan perwakilan masyarakat Nias di Kepri dengan calon Gubernur Kepri, Soerya Respationo, Rabu (23/9/2020) malam. 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri telah menetapkan tiga nama pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri periode 2020-2025. Mereka yakni HM Soerya Respationo - Iman Sutiawan, Isdianto - Suryani, dan Ansar Ahmad - Marlin Agustina.

Selepas penetapan calon itu, sejumlah elemen masyarakat menyatakan dukungannya kepada calon Gubernur Kepri HM Soerya Respationo. Salah satunya dari elemen masyarakat Nias yang menamakan Komunitas Yaita Ono Niha / Masyarakat Nias Soerya-Iman for Kepri-1.

Puluhan masyarakat Nias itu diterima Soerya di rumahnya di Duta Mas, Batam Center, Batam, Kepri. Soerya tampak menerima satu per satu masyarakat itu. Di antaranya Pendeta Mudahari Zai, Pastor Iskandar Dachi, Ketua tim Gerakan Angkatan Muda Nias Indonesia (GAMNIS) Kepri Yano, Sekretaris Tim Saferiyusu Hulu, Tomas Lature, Lesiaro Nazara dan sejumlah ketua-ketua komponen masyarakat.

Saat tiba, masyarakat tersebut langsung menyampaikan beberapa hal termasuk dukungan. Yano mengatakan, dukungan masyarakat Nias kali ini kepada Soerya atas berbagai pertimbangan.

"Pak Soerya cukup dekat dengan masyarakat Nias selama ini dan bapak pluralisme Kepri," katanya, Rabu (23/9/2020).

Daftar Nomor Urut Peserta Pilkada Kepri, Pilkada Batam, Anambas, Bintan, dan Karimun

Saferiyusu Hulu menambahkan, yang menarik, sebagai kesungguhan mereka sudah membentuk tim. Selain itu, ada kotak yang berisi uang koin dan kertas yang dikumpulkan dari masyarakat Nias dan Simpatisan yang ada di Kepri.

"Kami tahu nilainya tidak seberapa. Tetapi kali ini, kami memberikan edukasi kepada masyarakat luas jika kita mendukung pemimpin, kita jauhkan money politic. Bahkan, menurut saya yang pas itu adalah uang dari masyarakat kepada calon. Karena itu sebagai kesungguhan kami juga, selain itu tim kecil sudah menyiapkan rumah pemenangan di Sagulung," kata Safer sapaan akrab Saferiyusu Hulu.

Pendeta Mudahari Zai mengatakan hal yang sama. Ia mengapresiasi anak-anak muda Nias yang tergabung dalam komunitas Yaita Ono Niha / Masyarakat Nias Soerya-Iman for Kepri-1.

"Ini jadi pelajaran bagi semua. Kami imbau, kita ingin calon yang memperhatikan rakyatnya. Dan hal itu ada di dalam pak Soerya. Kami doakan, pak Soerya menang pada Pilkada ini dan dijauhkan money politic, tetapi sebaliknya justru masyarakat membantu calon," ungkap Pendeta Mudahari Zai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved