Breaking News:

Lahan Baru di TPU Pondok Ranggon Terpakai, 900 Jenazah Dimakamkan dengan Protap Covid-19

Dalam sebulan terakhir, sekira 900 jenazah dimakamkan dengan protap Covid-19 di TPU yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur tersebut.

kompas.com
Petugas memakamkan jenazah kasus COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Minggu (26/4/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak 10-23 April, tren pemakaman yang menggunakan prosedur tetap (protap) COVID-19 cenderung menurun, di mana sebelumnya mencapai 50 orang yang meninggal per hari kini 40-30 orang per hari. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA) 

Editor: Anne Maria

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Lahan baru seluas 4.000 meter persegi yang disiapkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon sudah dipakai untuk memakamkan jenazah.

Hal tersebut menyusul dari jumlah jenazah Covid-19 yang terus bertambah.

Dalam sebulan terakhir, sekira 900 jenazah dimakamkan dengan protap Covid-19 di TPU yang berlokasi di Cipayung, Jakarta Timur tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh satu di antara penggali makam, Imang Maulana.

Suasana makam korban Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (22/9/2020). Selain tenaga medis, penggali kubur makam Covid-19 menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Tribunnews/Irwan Rismawan
Suasana makam korban Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (22/9/2020). Selain tenaga medis, penggali kubur makam Covid-19 menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

"Dalam satu bulan terakhir terjadi lonjakan drastis, hingga hari ini. Di sini penggali makan terbagi dalam empat tim atau empat regu. Dalam sebulan itu kurang lebih 900 jenazah yang dimasukkan ke TPU Pondok Ranggon dan itu dilahan yang baru dibuka," katanya di lokasi, Selasa (29/9/2020).

Untuk itu, para penggali makam ini harus selalu menjaga stamina mereka.

Sebab berapapun jumlah jenazah yang datang, mereka harus siap sedia memakamkan.

"Sebetulnya sih dari awal hingga akhir ini sudah krisis. Ini lahan terakhir, bisa dikatakan lahan terakhir. Menurut informasi dari pimpinan juga begitu, lahan untuk kedepan diperkirakan enam ratus jenazah lagi," tandas Imang

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Sebulan Terakhir, 900 Jenazah Dimakamkan dengan Protap Covid-19 di TPU Pondok Ranggon

Editor: Anne Maria
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved